kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelaku Industri Kripto Harapkan Penurunan Pajak Transaksi


Selasa, 26 Maret 2024 / 22:31 WIB
Pelaku Industri Kripto Harapkan Penurunan Pajak Transaksi
ILUSTRASI. Investor mengamati tabel perdagangan mata uang krypto di Jakarta, Senin (3/5). Pelaku Industri Kripto Harapkan Penurunan Pajak Transaksi


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaku usaha kompak berharap adanya revisi terkait aturan perpajakan transaksi kripto. Tingginya pajak transaksi dikhawatirkan semakin mendorong outflow di aset kripto.

CEO Triv Gabriel Rey mengatakan, terjadi fenomena outflow di aset kripto Indonesia. Sebab, banyak investor yang melakukan transaksi melalui exchanger luar negeri.

Ia melihat, salah satu penyebabnya karena biaya transaksi yang lebih murah, yaitu 0,1% tanpa ada tambahan apapun. "Sementara di Indonesia 0,21 ditambah fee exchange, sehingga kurang lebih sekitar 0,31% yang mana sangat tinggi," ujarnya kepada Kontan.co.id, Selasa (26/3).

Karenanya, ia berharap jelang transisi kewenangan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) salah satu aturan yang perlu dibahas terkait pajak kripto.

Baca Juga: Exchanger Sambut Positif POJK 3/2024 Tentang Inovasi Teknologi Sektor Keuangan

Adapun berdasarkan data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), nilai transaksi aset kripto sebesar Rp 55,26 triliun sepanjang Januari - Februari 2024. Perdagangan fisik aset kripto di bulan Februari sendiri tercatat Rp 33,69 triliun atau naik 56,22% dari bulan Januari.

Jumlah pelanggan aset kripto yang terdaftar per Februari 2024 sebesar 19,18 juta pelanggan, dengan rata-rata kenaikan jumlah pelanggan terdaftar sebesar 427.200 pelanggan per bulan terhitung sejak data ini dilaporkan pada Februari 2021. Pelanggan yang aktif bertransaksi di platform CPFAK periode Februari 2024 sebanyak 715.600 pelanggan.

"Kenaikan itu lebih dikarenakan lonjakan harga kripto, tetapi overall di pasar, dari blockchain ada outflow ke pedagang luar negeri," katanya.

CEO Indodax Oscar Darmawan juga sepakat bahwa ada urgensi pada aturan pajak kripto Indonesia. Ia mencontohkan, transaksi kripto turun hingga 50% di periode halving yang sebetulnya menjadi momentum kenaikan harga kripto.

Baca Juga: Transaksi dan Investor Kripto Bulan Februari Meningkat, Terangkat Reli Bitcoin

Ia menyebutkan, jika dibandingkan dengan transaksi Indodax di periode halving tahun 2020 ada penurunan yang signifikan. "Saat ini yang seharusnya adalah masa halving 4 tahun sekali, transaksinya tidak sampai setengah dari masa periode halving sebelumnya," ungkapnya.

Padahal, lanjutnya, jumlah investor di Indodax saat ini mencapai 6 juta investor. Sementara saat halving 2020, jumlah investornya hanya 4 juta. "Maka dari itu diperlukan pemicu untuk merangsang pertumbuhan investor di Indonesia," sebutnya.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×