kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo tetapkan peringkat idBBB untuk penerbitan convertible bond Waskita Toll Road


Minggu, 20 September 2020 / 13:35 WIB
Pefindo tetapkan peringkat idBBB untuk penerbitan convertible bond Waskita Toll Road


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idBBB terhadap rencana penerbitan convertible bond PT Waskita Toll Road (Waskita Toll Road) dengan dana yang dibidik senilai Rp 2,5 triliun. 

Pefindo menyatakan, dana yang diperoleh akan digunakan untuk melunasi utang pemegang saham kepada Waskita Karya (Persero) Tbk.

"Pefindo juga telah menegaskan peringkat idBBB untuk Waskita Toll Road dan MTN II Tahun 2019. Prospek atas peringkat perusahaan masih tetap negatif," kata Pefindo, dalam keterangan resmi, Kamis (17/9). 

Obligor dengan peringkat idBBB memiliki kemampuan yang memadai dibandingkan obligor lainnya untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Meski demikian, kemampuan obligor kemungkinan akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi.

Baca Juga: Waskita Toll Road berikan pinjaman pada anak usahanya sebesar Rp 257,47 miliar

Peringkat ini mencerminkan posisi Waskita Toll Road sebagai anak usaha inti dari induknya, dengan proyek-proyek jalan tol yang prospektif, dan valuasi yang lebih baik melalui konektivitas. 

Namun peringkat dibatasi oleh struktur permodalan yang agresif dalam jangka pendek dan menengah, ketergantungan yang tinggi terhadap divestasi aset untuk mendukung pengembangan bisnis dan risiko bisnis terhadap pengembangan jalan tol baru.

Pefindo menegaskan, peringkat dapat diturunkan jika peringkat perusahaan induk diturunkan. Peringkat juga dapat diturunkan jika Waskita Toll Road gagal mendivestasikan asetnya sesuai rencana, diikuti oleh penarikan utang yang lebih tinggi dari yang direncanakan, yang dapat melemahkan struktur permodalan dan proteksi arus kas.

Peringkat juga dapat berada di bawah tekanan jika perusahaan tidak dapat menyelesaikan pembangunan jalan tol di anak usaha dengan kepemilikan mayoritas, yang dapat menunda arus kas masuk dari pendapatan jalan tol, atau bila ada penurunan dukungan induk. 

Outlook dapat direvisi menjadi stabil jika Waskita Karya memperbaiki leverage keuangan dan rasio cakupan bunga secara berkelanjutan didukung oleh kontrak backlog yang kuat yang memberikan visibilitas pendapatan selama beberapa tahun ke depan. 

Perbaikan tersebut juga diikuti oleh kemampuan Waskita Toll Road untuk melaksanakan rencana divestasinya sesuai rencana untuk menjaga kesehatan arus kas, memperbaiki struktur permodalannya secara signifikan, dan meningkatkan profitabilitasnya secara berkelanjutan.

Selanjutnya: Waskita Karya (WSKT) menyuntik modal Waskita Toll Road senilai Rp 1,19 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×