kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pastikan Rasa Indonesia, Patrick Walujo Jadi 'Pengawas' di Tokopedia


Senin, 11 Desember 2023 / 13:28 WIB
Pastikan Rasa Indonesia, Patrick Walujo Jadi 'Pengawas' di Tokopedia
Patrick Sugito Walujo,?Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Jakarta - Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Sugito Walujo ditunjuk menjadi ketua komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi antara PT Tokopedia dengan TikTok Shop Indonesia demi mendukung ekonomi digital dan perluasan e-commerce di Indonesia.

"Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok," tulis manajemen TikTok dan GoTo, dalam keterangan resmi, Senin (11/12/2023).

Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.

Menurut manajemen kedua perusahaan, komite ini dibentuk untuk memastikan kegiatan bisnis berlangsung dengan mengedepankan dampak positif bagi perkembangan ekonomi digital Indonesia. Berdasarkan informasi, sebagian besar komisaris di Tokopedia juga merupakan orang Indonesia.

“Kerjasama ini akan melahirkan juara e-commerce Indonesia, dengan mengombinasikan kekuatan lokal Tokopedia dengan jangkauan pasar yang masif dan kecanggihan teknologi TikTok. Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM lokal dan mempromosikan produk-produk buatan Indonesia," kata Patrick, dalam keterangan yang disampaikan ke Kontan.

"Bisnis GoTo kini memiliki fondasi yang lebih kuat dan kami berharap kemitraan dengan Tiktok akan membawa banyak manfaat tidak hanya bagi bisnis e-commerce, namun juga bagi layanan on-demand dan bisnis fintech kami," katanya.

Situs resmi GoTo mencatat, Patrick Walujo adalah warga negara Indonesia yang diangkat sebagai Direktur Utama GoTo sejak pertengahan tahun 2023.

Patrick turut mendirikan Northstar Group pada tahun 2003. Sebelum mendirikan Northstar, ia adalah Wakil Presiden Senior Pacific Century Ventures Ltd. di Tokyo dari tahun 2000 hingga 2003. Di sana, dia memainkan peran kunci dalam merger, akuisisi, dan pengembangan bisnis perusahaan.

Alumnus Cornell University ini memulai karirnya di Goldman Sachs & Co. di London dan New York (1997-2000).

Saat ini, ia juga menjabat sebagai komisaris PT Indosat Tbk dan PT Duta Intidaya Tbk, anggota Dewan Penasihat Internasional Council on Foreign Relations dan pengurus Kamar Dagang Indonesia (Kamar Dagang Indonesia - KADIN) di bagian Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi.

Pada Senin ini (11/12), manajemen GoTo dan TikTok resmi mengumumkan kemitraan strategis dengan kombinasi bisnis TikTok Shop ke Tokopedia. Lewat kerja sama ini, maka TikTok Shop akan beroperasi di Indonesia melalui Tokopedia, di mana TikTok akan menjadi pemegang saham pengendali.

TikTok akan menginvestasikan dana lebih dari US$ 1,5 miliar atau setara sekitar Rp 23 triliun (asumsi kurs Rp 15.500/US$), sebagai komitmen jangka panjang untuk berinvestasi mendukung operasional Tokopedia, tanpa menyebabkan dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo pada Tokopedia.

“[Kemitraan ini] untuk mendorong pertumbuhan jangka panjang atas sektor UMKM Indonesia dan ekonomi digital secara keseluruhan,” tulis Sekretaris Perusahaan GoTo, RA Koesoemohadiani, dikutip dari keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (11/12).

Melalui kolaborasi ini, TikTok, Tokopedia dan GoTo akan mentransformasi sektor e-commerce Indonesia dengan berbagai inisiatif bersama, termasuk promosi produk Indonesia di platform Tokopedia dan TikTok dan membangun kapasitas UMKM Indonesia melalui pengembangan kemampuan dan memberikan sumberdaya sehubungan dengan produksi dan penjualan secara upstream.

Selain itu, kolaborasi juga untuk mendukung pedagang untuk menjual produk secara daring dengan memberikan dukungan di berbagai bidang seperti pemasaran, branding, dan praktik bisnis yang berkelanjutan.

Tujuan lainnya adalah, membantu merek lokal untuk mempromosikan produk mereka di pasar internasional, pendirian pusat teknologi di seluruh Indonesia untuk mengembangkan talenta lokal terkait teknologi dan memastikan marketplace yang mendorong persaingan yang adil.

"Kombinasi dengan Tokopedia mengawali babak baru komitmen jangka panjang perusahaan untuk berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Kami memiliki tujuan yang sama untuk mendukung konsumen dan UMKM Indonesia; dan GoTo, sebagai juara nasional, adalah mitra yang paling ideal untuk mencapai misi bersama dalam memberdayakan dan mendukung kemajuan bisnis lokal," kata Stephanie Susilo, Executive Director of TikTok E-Commerce Indonesia, dalam keterangan  ke media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×