kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Para Ahli Melihat Risiko Tidak Terduga dari ETF Bitcoin Spot


Rabu, 31 Januari 2024 / 15:33 WIB
Para Ahli Melihat Risiko Tidak Terduga dari ETF Bitcoin Spot
ILUSTRASI. Para ahli melihat ETF Bitcoin Spot berpotensi menciptakan risiko baru yang tidak terduga.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Peluncuran Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin Spot semakin memperdalam hubungan antara mata uang kripto yang bergejolak dan sistem keuangan tradisional. Tetapi para ahli melihat ETF Bitcoin Spot berpotensi menciptakan risiko baru yang tidak terduga.

Seperti diketahui, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat telah menyetujui 11 ETF bitcoin spot dari penerbit termasuk BlackRock dan Invesco/Galaxy Digital pada 10 Januari 2024. Kehadiran produk ETF Bitcoin berada di momen penting bagi industri kripto yang dirundung kebangkrutan dan fraud.

SEC telah lama menolak produk tersebut dengan alasan masalah perlindungan investor. Tetapi otoritas bursa terpaksa memikirkan kembali posisinya setelah kalah dalam gugatan pengadilan yang diajukan oleh Grayscale Investments.

Penggemar kripto mengatakan produk ini akan memungkinkan investor mendapatkan eksposur terhadap bitcoin dengan lebih mudah dan aman. Namun ketika menyetujui produk tersebut, Ketua SEC Gary Gensler memperingatkan bahwa bitcoin tetap menjadi “aset yang mudah berubah” dan investor harus waspada.

Baca Juga: Harga Bitcoin Terkerek Menjelang Keputusan FOMC

Beberapa analis memperkirakan, gabungan ETF memiliki aset sekitar US$ 21 miliar, dan dapat menarik sebanyak US$ 100 miliar tahun ini saja dari investor ritel dan institusi. Namun Bitcoin turun lebih dari 6% sejak produk tersebut diluncurkan.

“Jika diadopsi secara luas, produk tersebut dapat menimbulkan risiko pada bagian lain dari sistem keuangan selama masa tekanan pasar dengan memperburuk volatilitas harga bitcoin, atau menciptakan dislokasi antara harga ETF dan bitcoin,” kata beberapa pakar ETF, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (31/1).

Gejolak perbankan AS tahun lalu menunjukkan bahwa pasar keuangan dan kripto dapat saling menularkan risiko. Sebagai contoh, pemberi pinjaman kripto, Silvergate Bank, dilikuidasi setelah penarikan yang dipicu oleh runtuhnya bursa kripto FTX. Hal ini pada gilirannya memicu kepanikan yang berkontribusi pada kegagalan Signature Bank. Sementara itu, runtuhnya Silicon Valley Bank telah memicu kehabisan stablecoin USD Coin.

“Ketika investor mengucurkan uang ke dalam produk-produk ini, Anda secara substansial meningkatkan risiko interkoneksi yang jauh lebih besar antara inti sistem keuangan dan ekosistem kripto,” ujar Dennis Kelleher, CEO Better Markets, sebuah kelompok advokasi yang menolak ETF bitcoin.

Baca Juga: Pasar Kripto Tertekan Pasca Persetujuan ETF Spot, Simak Proyeksi Harga Kedepannya

Diciptakan pada tahun 2009 sebagai mekanisme pembayaran alternatif, bitcoin sebagian besar digunakan sebagai investasi spekulatif. Volatilitas rata-rata hariannya kira-kira tiga setengah kali lipat dari ekuitas, menurut Wells Fargo Investment Institute.

ETF Bitcoin juga dapat sangat memperburuk volatilitas tersebut pada saat tekanan pasar, dan saluran lain di mana ETF dapat menciptakan risiko sistemik, kata Antonio Sánchez Serrano, ekonom utama di European Systemic Risk Board.

Saluran lain tersebut mencakup pemisahan harga ETF dari aset dasar, yang dapat menyebabkan tekanan bagi institusi yang sangat terekspos terhadap produk atau yang bergantung pada produk tersebut untuk manajemen likuiditas.

“Perbedaannya dengan ETF saham biasa terlalu besar dalam hal risiko yang tertanam,” ungkap Serrano.

Produk-produk yang diperdagangkan di bursa yang kompleks, kurang likuid, dan memiliki leverage yang tinggi pernah mengalami tekanan di masa lalu. Pada bulan Februari 2018, surat utang yang diperdagangkan di bursa yang melacak volatilitas bangkrut di tengah lonjakan volatilitas, menyebabkan kerugian bagi investor sebesar US$ 2 miliar.

Pada tahun 2020, penutupan akibat COVID-19 memicu penjualan beberapa ETF obligasi korporasi. Tekanan tersebut akan menyebar ke pasar pendapatan tetap yang lebih luas jika Federal Reserve tidak memberikan dukungan darurat, menurut CFA Institute yaitu sebuah organisasi profesional investasi yang juga mempelajari risiko ETF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×