kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Optimalkan Dana Mengendap dengan Deposito Bunga Atraktif


Rabu, 18 Januari 2023 / 16:38 WIB
Optimalkan Dana Mengendap dengan Deposito Bunga Atraktif


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Dana mengendap atau ‘menganggur’ merupakan kelebihan uang dalam kas yang belum dipakai untuk tujuan tertentu. Membiarkan dana mengendap atau idle funds begitu saja, sama artinya dengan melepas peluang berharga. Sebab, ada berbagai solusi untuk mengelola dana mengendap, termasuk menempatkannya dalam deposito, agar dana menjadi produktif dan aset Anda makin bertumbuh.

Pengertian dana mengendap bisa berbeda-beda tergantung pada entitas pemiliknya. Misalnya, dana mengendap pada bisnis kecil dan menengah dapat merupakan simpanan dana yang belum dipakai untuk membiayai kegiatan operasional. Sementara itu, dana mengendap di lembaga pemerintahan biasanya adalah anggaran yang belum dibelanjakan atau disalurkan untuk membiayai program pemerintah.

Baca Juga: Buka Tabungan Tambahan untuk Permudah Kelola Keuangan

Secara individu, contoh ekstrem dana mengendap adalah uang yang disimpan di rumah dan terus ditimbun tanpa dipakai untuk tujuan produktif. Di masa kini, simpanan uang juga bisa terhitung sebagai dana mengendap jika ditempatkan dalam tabungan, yang tidak memberikan bunga atau besaran bunganya sangat kecil.

Dana mengendap bisa dikelola dengan memadukan beberapa jenis instrumen investasi, sesuai dengan tujuan Anda dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mendanai tujuan tersebut. Contohnya, dana mengendap yang dialokasikan untuk operasional dan cadangan modal bisnis, sebaiknya ditempatkan dalam instrumen investasi jangka pendek seperti deposito. Adapun, tujuan strategis seperti pengembangan bisnis di masa depan, dana mengendap dapat dialokasikan pada instrumen investasi jangka menengah dan panjang, seperti obligasi dan saham.

Selain jangka waktu, pertimbangkan juga seberapa besar Anda bisa menerima risiko kerugian. Jika Anda termasuk tipe investor konservatif yang cenderung bermain ‘aman’, sebaiknya pilih instrumen investasi yang minim risiko, seperti deposito berjangka. Namun, jika lebih berani menghadapi risiko, Anda bisa menempatkan dana mengendap dalam instrumen yang lebih agresif, seperti reksa dana saham atau saham.

Deposito berjangka dikatakan minim risiko karena nilai simpanan Anda tidak dipengaruhi oleh pergerakan pasar modal. Dengan menempatkan dana dalam deposito, Anda akan memperoleh imbal hasil tetap yang stabil. Apalagi, sekarang sudah tersedia sejumlah program deposito yang memberikan bunga deposito atraktif dan tambahan manfaat lainnya bagi nasabah. Hal ini akan membuat dana mengendap Anda yang semula ‘tidur’ menjadi produktif.

Deposito bunga fantastis

Program Deposito Fantastis dari J Trust Bank adalah salah satu program deposito yang menawarkan bunga deposito tinggi dan reward bagi nasabah baru. Dalam program ini, dengan menempatkan dana minimum Rp5 miliar nasabah akan mendapatkan bunga sebesar 5,88% per tahun.

Nasabah dapat memilih tenor deposito 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan. Selain bunga deposito yang atraktif, nasabah juga akan memperoleh cashback yang diberikan pada awal penempatan deposito.

Ilustrasi program Deposito Fantastis dapat dilihat dalam tabel berikut.

Nominal

Tenor

Suku bunga

Cashback (nett)

Rp5.000.000.000

1 bulan

5,88% p.a

Rp400.000

Rp5.000.000.000

3 bulan

5,88% p.a

Rp3.600.000

Rp5.000.000.000

6 bulan

5,88% p.a

Rp12.320.000

Nasabah yang ingin mengikuti program Deposito Fantastis perlu mengetahui bahwa hasil bunga akan dikenakan pajak 20% sesuai aturan berlaku. Selain itu, nilai reward diperhitungkan dalam besaran suku bunga penempatan deposito. Jadi dalam hal ini, penjaminnya adalah J Trust Bank karena nilai bunga deposito secara total melebihi ketentuan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Hal lain yang perlu diperhatikan, program Deposito Fantastis tidak bisa dicairkan sebelum jatuh tempo. Jika nasabah melakukannya, akan dikenakan penalti berupa pemberlakuan suku bunga menjadi 2% per tahun yang dihitung sejak awal penempatan deposito. Nilai reward yang sudah diterima pun harus dikembalikan lagi, dipotong dari deposito yang ditempatkan. Karena itu, pertimbangkan dahulu jika ingin mencairkan deposito sebelum jatuh tempo.

Segera kelola dana mengendap Anda jadi produktif dan dapatkan hasil yang optimal dengan mengikuti program Deposito Fantastis. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, mengakses www.jtrustbank.co.id, atau hubungi Ask J 1500 615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×