kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MNCN optimisme kinerjanya ciamik di tengah merebaknya virus corona


Kamis, 26 Maret 2020 / 11:56 WIB
MNCN optimisme kinerjanya ciamik di tengah merebaknya virus corona
ILUSTRASI. Ilustrasi gedung MNC


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) optimistis kinerja di berbagai lini bisnisnya cukup baik meskipun dalam situasi penyebaran virus corona atawa Covid-19 di Indonesia saat ini. Keyakinan tersebut diungkapkan oleh Komisaris Utama MNCN Hary Tanoesoedibjo. 

"MNCN akan terus bertumbuh pesat dalam bisnis FTA, konten dan digital," jelas Hary dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (26/3). 

Perkembangan virus corona di Indonesia memang membuat masyarakat untuk lebih sering berada di rumah. Mulai dari bekerja hingga belajar pun dilakukan di rumah, alhasil pemirsa televisi telah meningkat sebesar 50% serta rata-rata waktu menonton per pemirsa juga meningkat seperti yang telah dikonfirmasi oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). 

Baca Juga: MNC Vision Networks (IPTV) segera menyelesaikan due diligence akuisisi Link Net

Di sisi lain, layanan streaming juga telah menunjukkan tren kenaikan namun tidak signifikan seperti halnya pada free to air television (FTA TV). Sebab mayoritas penduduk Indonesia masih mengonsumsi hiburan dan berita melalui FTA TV. Selain itu, biaya internet juga merupakan faktor kunci mengapa FTA TV lebih digemari daripada platform over the top (OTT). 

Dari sisi digital, aplikasi hiburan all-in-one, RCTI+, yang diluncurkan pada Agustus tahun lalu, telah menunjukkan peningkatan signifikan dalam hal pendapatan iklan dan monthly active user atau pengguna aktif bulanan (MAU). Hingga saat ini, RCTI+ telah berhasil menghasilkan 8,4 juta MAU. 

Selanjutnya, fase pengembangan untuk mengintegrasikan Metube yang fokus pada kompetisi pencarian bakat dan games aggregator sedang dikembangkan dan akan selesai pada Juni 2020.

Performa media sosial MNCN juga lebih kuat dari sebelumnya, karena manajemen akan meningkatkan monetisasi pustaka konten melalui platform media sosial, seperti Youtube, yang telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. 

Mulai tahun 2020, sebagai salah satu penghasil konten paling aktif di Youtube, MNCN telah berhasil meningkatkan porsi bagi hasil dengan Youtube dari 50% menjadi 55%. 

Baca Juga: Pendapatan Media Nusantara Citra (MNCN) meningkat 12,23% sepanjang 2019

Selain itu, monetisasi Youtube pada tahun 2020 akan tumbuh secara signifikan karena MNCN telah meningkatkan durasi konten per unggah menjadi minimal 10 menit, ini memungkinkan Youtube untuk menjual lebih dari 1 slot iklan pada konten MNCN.

MNCN juga terus memproduksi konten berbasis sponsor di Youtube, memanfaatkan peningkatan jumlah subscribers di berbagai akun Youtube-nya, dengan lebih dari 70 juta subscribers pada Februari 2020. Mulai April 2020, MNCN telah sepakat untuk melakukan hal yang sama dengan Facebook, karena Facebook telah mulai mengaktifkan fitur monetisasi konten untuk aktivitas content creator di situsnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×