kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MNC Studio dikabarkan bakal menunda rencana IPO


Kamis, 03 Mei 2018 / 08:10 WIB
MNC Studio dikabarkan bakal menunda rencana IPO


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar burung menghinggapi MNC Group. Salah satu entitas usahanya, MNC Studio International, dikabarkan bakal menunda rencana menggelar perhelatan initial public offering (IPO).

Kontan,co,id memperoleh informasi, ada dua hal yang menyebabkan IPO perusahaan yang 99,99% sahamnya masih dimiliki oleh PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) ini ditunda. Pertama, kondisi pasar saat ini tengah mengalami gejolak.

Hal ini dikhawatirkan membuat perolehan dana hasil IPO menjadi kurang optimal. Penyebab kedua, minat investor menyerap saham perusahaan ini ternyata rendah.

Manajemen kabarnya akan segera melakukan rapat membahas jadi atau tidaknya IPO. Sebelumnya, perusahaan ini berniat melepas saham di Mei mendatang.

Tapi manajemen MNC Studio menyangkal hal ini. Presiden Direktur MNC Studio International Ella Kartika mengatakan, IPO MNC Studio masih dalam proses. "Tidak ada penundaan," ujar dia pada Kontan.co.id, Rabu (2/5).

Namun, dia belum bersedia memberikan tanggapan terkait strategi IPO, termasuk soal keberadaan pembeli siaga atau standby buyer,  di tengah kondisi pasar yang bergejolak seperti saat sekarang. "Nanti akan disampaikan bersamaan kepada publik," tambah Ella.

MNC Studio sebelumnya berencana melepas 30% saham dengan target perolehan dana lebih dari Rp 1 triliun. Dana hasil IPO tersebut akan digunakan untuk melunasi surat utang jangka menengah medium term notes (MTN) sebesar Rp 450 miliar.

Dana itu juga akan digunakan untuk mengakuisisi MNC Channel. Kemudian sisanya sekitar 20-25% dana IPO akan digunakan untuk pembangunan Movie Land, sebuah studio luar ruang untuk memproduksi film seluas 20 hektare (ha). Studio itu akan ada di sebelah Theme Park yang tengah dibangun MNC Group di kawasan Lido, Bogor. 

Sepanjang 2017, MNC Studio membukukan pendapatan Rp 1,2 triliun. Sedang laba bersihnya tercatat Rp 125 miliar. Tahun ini, perusahaan ini menargetkan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih sebesar 45%.

MNC Studio memiliki tiga anak usaha, yakni perusahaan rumah produksi PT MNC Pictures, perusahaan periklanan PT Mediate Indonesia, manajemen bakat PT Star Media Nusantara dan PT MNC Infotainment Indonesia, yang baru beroperasi tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×