kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MNC Land (KPIG) gandeng Infokom kembangkan infrastruktur dan ekosistem teknologi


Senin, 11 Oktober 2021 / 13:40 WIB
MNC Land (KPIG) gandeng Infokom kembangkan infrastruktur dan ekosistem teknologi
ILUSTRASI. Gedung MNC Tower. KONTAN/Daniel Prabowo/19/05/2011


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MNC Land Tbk (KPIG) melalui PT MNC Land Lido melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Infokom Elektrindo (Infokom) untuk mengembangkan infrastruktur terintegrasi dan ekosistem berteknologi tinggi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata MNC Lido City.

Manajemen KPIG menunjuk Infokom, perusahaan bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), untuk menjadi penyedia infrastruktur di KEK MNC Lido City.

Adapun infrastruktur teknologi tersebut seperti infrastruktur TI inti, backbone, jaringan fiber optik dan data center. Infokom bertindak sebagai investor utama yang akan mengelola investor dan mitra strategis TIK lainnya.

“Pengalaman Infokom dalam infrastruktur bisnis digital dan solusi TIK dipadukan dengan lokasi yang strategis dan ambisi pengembangan KEK MNC Lido City, menjadikan Techno Park sebagai salah satu ekosistem teknologi tinggi terbesar di Indonesia,” kata Executive Chairman of MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam keterbukaan informasi, Senin (11/10).

Baca Juga: Japfa (JPFA) ekspor perdana produk perunggasan ke Papua Nugini

Di Indonesia, sambungnya, hampir semua proses bisnis sedang mengalami transformasi teknologi yang cepat yang membutuhkan penyimpanan data digital yang sangat besar. Adopsi sistem digital terbukti lebih aman, efektif dan efisien.

Berdasarkan laporan penelitian Jones Lang LaSalle (2021), pada tahun 2020 area Jabodetabek memiliki kapasitas pusat data sekitar 70 Megawatt (MW).

Ini berarti bahwa pasar pusat data di Indonesia masih dalam tahap awal sehingga kurang terlayani, terutama dibandingkan dengan wilayah serupa di pasar yang lebih besar seperti India yang memiliki 447 MW dan Singapura sebesar 357 MW.

KPIG dan Infokom berkomitmen untuk mendirikan Techno Park di KEK MNC Lido City untuk menjawab kebutuhan yang semakin meningkat akan pusat data dan teknologi terintegrasi yang ramah lingkungan di Indonesia.

Baca Juga: Bank Index Selindo salurkan fasilitas kredit Rp 50 miliar kepada Buana Finance (BBLD)

Selain itu, pengembangan lainnya termasuk pusat artificial intelligence (AI) dan infrastruktur smart city dengan teknologi hijau untuk meminimalisir risiko yang ditimbulkan dari isu lingkungan dan iklim, juga turut melestarikan sumber daya alam.

Ke depannya, cleantech dan sumber energi terbarukan seperti pembangkit tenaga surya akan dihadirkan di Techno Park untuk dapat mencegah punahnya sumber energi tak terbarukan lainnya.

Selanjutnya: Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) optimis dapat membuka 600-800 gerai baru di tahun ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×