kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitratel (MTEL) Mengakuisisi 803 Menara Senilai Rp 1,75 Triliun


Kamis, 30 November 2023 / 21:05 WIB
Mitratel (MTEL) Mengakuisisi 803 Menara Senilai Rp 1,75 Triliun
ILUSTRASI. Dayamitra Telekomunikasi (MTEL) alias Mitratel telah mengakuisisi 803 menara milik PT Gametraco Tunggal senilai Rp 1,75 triliun.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pelat merah PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) alias Mitratel telah mengakuisisi sebanyak 803 menara milik PT Gametraco Tunggal senilai Rp 1,75 triliun.

Adapun sebanyak 562 menara atau 70% dari total menara yang diakuisisi berada di luar Pulau Jawa. Sementara sisanya 30% atau 241 menara berlokasi di Jawa.

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko mengatakan, tambahan aset ini merupakan komitmen MTEL untuk menjadi mitra strategis industri operator telekomunikasi dalam menggelar ekspansi. 

“Memperluas pangsa pasar ke luar Pulau Jawa telah menjadi agenda strategis sejumlah perusahaan operator telekomunikasi," kata pria yang akrab dipanggil Teddy ini, Kamis (30/11). 

Baca Juga: Pendapatan Emiten Menara Berangsur Pulih, Ini Rekomendasi Saham Jagoan Analis

Dia menjelaskan pembelian 803 menara ini bernilai strategis, bukan karena posisinya yang mayoritas berada di luar Pulau Jawa, tetapi karena punya 1.327 penyawa. 

"Selain menguatkan Mitratel sebagai tower provider yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia, akuisisi ini juga meningkatkan tenancy ratio," kata dia. 

Teddy bilang MTEL akan terus terus menambah aset, baik berupa menara maupun fiber optik. Termasuk mengakuisisi aset yang dilepas atau divestasi operator telekomunikasi. 

Sebelumnya, pada akhir September 2023, MTEL juga telah menuntaskan pembelian puluhan menara yang mayoritas berlokasi di Pulau Sumatera.

Baca Juga: Adu Cantik Kinerja MTEL, TWOR, TBIG, Mana yang Prospektif?

Mitratel optimistis industri telekomunikasi ke depan akan memeriahkan dengan rencana divestasi menara dan fiber optik oleh perusahaan operator telekomunikasi. 

Menurut Teddy langkah divestasi dilakukan karena para operator telekomunikasi akan fokus pada inovasi produk yang memberikan nilai tambah dan pemenuhan kebutuhan konsumen. 

"Perubahan ini tentu menjadi peluang bagi Mitratel untuk menjadi partner strategis dan tumbuh bersama mereka," ucap Teddy. 

Per kuartal III-2023, MTEL mencatatkan kepemilikan 37.091 menara. Ini tumbuh 5,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 35.051 menara. 

Sementara jumlah kolokasi melonjak 21% menjadi 18.613 dari sebelumnya 15.339 kolokasi. MTEL memiliki serat optik sepanjang 29.042 kilometer per September 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×