kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,69   -8,68   -0.88%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mirae: Pembukaan aktivitas ekonomi jadi katalis positif bagi emiten barang konsumsi


Minggu, 05 Juli 2020 / 14:42 WIB
Mirae: Pembukaan aktivitas ekonomi jadi katalis positif bagi emiten barang konsumsi
ILUSTRASI. Konsumen memilih bumbu masak siap saji cap Bango di sebuah toko swalayan di Bekasi, Selasa (2/7). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/02/07/2019


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemberlakuan skenario new normal menjadi angin segar bagi sejumlah emiten, salah satunya emiten barang konsumsi. Hal ini seiring dengan pembukaan kembali aktivitas perekonomian.

Mimi Halimin, Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia mengatakan pembukaan kembali aktivitas ekonomi dapat menjadi katalis positif bagi emiten sektor barang konsumsi. Sebab masyarakat akan kembali bekerja dan menghasilkan pendapatan. Mengingat, pekerja dengan upah harian terkena dampak negatif selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Baca Juga: Optimisme konsumen turun, simak rekomendasi untuk saham emiten barang konsumsi

Mimi memperkirakan, dampak negatif PSBB akan lebih terlihat di pada kuartal kedua 2020, tetapi Mimi yakin bahwa investor telah memperhitungkan hal tersebut. “Jika semuanya berjalan lancar, kami memperkirakan kegiatan ekonomi akan kembali normal di kuartal ketiga 2020,” tulis Mimi dalam riset, Kamis (25/6).

Meskipun mungkin tidak sepenuhnya menutupi kerugian ekonomi akibat pandemi Covid-19, Mimi menilai stimulus pemerintah akan membantu menyangga perekonomian.

Lebih lanjut, Mimi menilai stabilitas harga komoditas dan stabilitas nilai tukar rupiah akan membantu emiten barang konsumsi untuk menjaga tingka profitabilitasnya.

Beberapa harga komoditas seperti gandum dan minyak sawit mentah (CPO) terpantau naik dari kuartal keempat tahun lalu hingga awal tahun ini. Namun, harga telah kembali normal di kuartal kedua tahun ini, dan diproyeksikan bisa tetap stabil sampai akhir tahun.

Baca Juga: Deretan emiten ini bakal tebar dividen pada pekan depan, simak saran analis ini

Selama pandemi Covid-19 ini, Mimi mencatat perusahaan barang konsumsi yang berada di di bawah cakupan analisis Mirae Asset Sekuritas masih menunjukkan kinerja yang tangguh.




TERBARU

[X]
×