kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Merdeka Copper (MDKA) Terbitkan Obligasi Rp 2,09 Triliun, Intip Tawaran Bunganya


Kamis, 30 November 2023 / 15:47 WIB
Merdeka Copper (MDKA) Terbitkan Obligasi Rp 2,09 Triliun, Intip Tawaran Bunganya
ILUSTRASI. Aktivitas kawasan pertambangan Tujuh Bukit milik Merdeka Copper Gold (MDKA) di Banyuwangi, Jawa Timur (7/9/2023).


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) akan menerbitkan obligasi senilai Rp 2,09 triliun. Emiten tambang emas dan tembaga ini menawarkan obligasi dalam dua seri.

MDKA akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Merdeka Copper Gold Tahap IV Tahun 2023. Obligasi ini merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan IV Merdeka Copper Gold dengan total nilai Rp 15 triliun.

Pada tiga tahap sebelumnya, Merdeka Copper telah menerbitkan obligasi senilai Rp 8,16 triliun. Artinya dengan tambahan penerbitan tahap keempat ini, sisa potensi penerbitan Obligasi Berkelanjutan IV Merdeka Copper Gold masih ada Rp 4,75 triliun.

Di tahap keempat, MDKA menawarkan obligasi dalam dua seri. Obligasi seri A memiliki nilai pokok Rp 800,98 miliar. Obligasi dengan tenor 367 hari kalender ini menawarkan tingkat bunga tetap 7,75% per tahun.

Obligasi seri B memiliki nilai pokok Rp 1,29 triliun. Obligasi dengan tenor 3 tahun ini menawarkan tingkat bunga tetap 9,5% per tahun.

Baca Juga: Sejak IPO Boy Thohir Sudah Melego 2,83 Miliar Saham MBMA Senilai Rp 2,08 Triliun

MDKA akan menggunakan 44,8% dana hasil penerbitan obligasi untuk dipinjamkan kepada PT Bumi Suksesindo yang selanjutnya digunakan untuk pembayaran atas seluruh utang yang timbul berdasarkan perjanjian kredit bergulir US$ 60 juta kepada para kreditur yaitu ING Bank NV Cabang Singapura, PT Bank UOB Indonesia, PT Bank HSBC Indonesia, dan Credit Agricole Corporate and Investment Bank cabang Singapura.

"Sisanya sekitar 55,2% akan digunakan oleh Merdeka Copper untuk mendanai sebagian kewajiban dalam rencana pelunasan seluruh pokok Obligasi Berkelanjutan IV Merdeka Copper Gold Tahap II yang akan jatuh tempo pada tanggal 15 Maret 2024," ungkap Merdeka Copper dalam prospektus ringkas penerbitan obligasi, Rabu (29/11).

Menurut pengumuman KSEI, Kamis (30/11), masa penawaran umum obligasi Merdeka Copper akan berlangsung pada 11-12 Desember 2023. Penjatahan obligasi akan ditetapkan pada 13 Desember. Sedangkan pengembalian uang pemesanan dan distribusi obligasi secara elektronik akan dilakukan pada 15 Desember.

Baca Juga: Ini Perkembangan Proyek Emas Pani dan Tembaga Tujug Bukit Merdeka Copper (MDKA)

MDKA menargetkan pencatatan obligasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 18 Desember 2023.

MDKA menunjuk lima penjamin pelaksana emisi atawa underwriter obligasi. Kelima underwriter adalah Indo Premier Sekuritas, Sucor Sekuritas, UOB Kay Hian Sekuritas, Aldiracita Sekuritas Indonesia, dan Trimegah Sekuritas Indonesia.

Obligasi ini mengantongi peringkat idA+ dari Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×