kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Merdeka Copper (MDKA) Raih Kenaikan Rating ESG dan Penghargaan Gold Rank dari NCCR


Senin, 13 November 2023 / 13:51 WIB
Merdeka Copper (MDKA) Raih Kenaikan Rating ESG dan Penghargaan Gold Rank dari NCCR
ILUSTRASI. Merdeka Copper Gold (MDKA) raih dua pengakuan dalam implementasi standar ESG dan strategi keberlanjutan perusahaaan


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) meraih dua pengakuan dari lembaga internasional terhadap komitmen perusahaan dalam implementasi standar  Environment, Social, dan Governance (ESG), serta penghargaan atas pelaporan kinerja, komitmen, dan  strategi keberlanjutan perusahaan.

MDKA memperoleh kenaikan peringkat ESG MSCI (Morgan Stanley Capital International) dari “BBB” menjadi “A” yang semakin mengukuhkan komitmen Perusahaan dalam penerapan standar ESG. MDKA menjadi satu-satunya perusahaan tambang Indonesia dalam kategori MSCI Diversified Metals and Mining yang mendapatkan peringkat A.

Presiden Direktur PT Merdeka Copper Gold Tbk Albert Saputro mengatakan, kenaikan rating ini menegaskan keunggulan Merdeka sebagai perusahaan tambang yang mengedepankan keberlanjutan. Hal itu sejalan dengan visi MDKA untuk menjadi pemimpin global di industri pertambangan dan logam Indonesia.

“Kami sangat bangga bahwa komitmen dan kinerja ESG Merdeka mendapatkan pengakuan dan penilaian tinggi dari lembaga prestisius global seperti MSCI,” ujar Albert dalam siaran pers, Sabtu lalu (13/11).

Baca Juga: Merdeka Copper Gold (MDKA) Catatkan Pertumbuhan Produksi Emas pada Kuartal III-2023

Baru-baru ini, MDKA juga mendapatkan penghargaan Gold Rank dalam Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2023. Acara tahunan yang diselenggarakan sejak 2005 oleh National Center for Corporate Reporting (NCCR) ini bertujuan mendorong peningkatan kualitas laporan keberlanjutan perusahaan.

Organisasi independen NCCR merupakan yang pertama mengembangkan dan memperkenalkan istilah Laporan Keberlanjutan di Indonesia. Kriteria penilaian penghargaan mencakup GRI Standards, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51/POJK.03/2017, dan GRI Disclosure Sector Standards.

Penghargaan ini merupakan apresiasi atas kualitas Laporan Keberlanjutan 2022 MDKA dalam mengungkapkan kinerja, komitmen, dan strategi keberlanjutan. Dalam beberapa tahun terakhir, MDKA telah berinvestasi dalam berbagai inisiatif lingkungan dan program tanggung jawab sosial yang kuat.

MDKA memahami risiko lingkungan dan berkomitmen untuk terus menerapkan praktik pengelolaan lingkungan yang efektif dan bertanggung jawab, untuk melindungi lingkungan dan mencegah pencemaran. Perusahaan selalu berusaha keras untuk mencapai kinerja lingkungan yang unggul dan memperkuat aksi sosial melalui perbaikan berkelanjutan pada sistem manajemen lingkungan dan sosial perusahaan.

Di sisi sosial, Merdeka Copper Gold berkomitmen untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para pekerja maupun masyarakat di sekitar operasi perusahaan, serta memastikan karyawan mendapat kompensasi yang wajar dan juga terlindung hak-haknya.

 

Dengan pencapaian ini, MDKA berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya-upaya keberlanjutan, mengambil langkah-langkah inovatif, dan menjaga standar tinggi dalam praktik-praktik ESG.

“Kami tidak berpuas diri dengan capaian ini. Perusahaan akan terus meningkatkan kinerja ESG di masa yang akan datang, sehingga dapat memberikan inspirasi bagi sektor pertambangan Indonesia untuk semakin maju dalam komitmen dan penerapan keberlanjutan dalam pengelolaan kegiatan operasi perusahaan,” tutup Albert.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×