kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,94   -29,79   -3.09%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengukur penyusutan market caps emiten big caps


Jumat, 16 Maret 2018 / 05:10 WIB
Mengukur penyusutan market caps emiten big caps


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Koreksi yang menerpa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama beberapa hari belakangan membuat pasar cukup tertekan. Termasuk di antaranya membuat kapitalisasi pasar emiten menyusut. Beberapa saham mencatatkan penurunan nilai pasar yang terbilang signifikan.

Emiten-emiten yang masuk dalam jajaran kapitalisasi pasar besar (big caps) juga turut merasakan imbasnya. Dari sepuluh emiten terbesar, hanya ada tiga emiten yang masih belum merasakan indeks negatif sejak awal tahun atau secara year to date (YTD). Semuanya, dari emiten perbankan. Yakni BBCA (6,74%), BBRI (0,00%), dan BMRI (0,00%).

Sedangkan tujuh emiten lainnya, mencatatkan penyusutan bila ditarik pada periode sejak awal tahun. Meskipun tiga emiten perbankan berhasil mencatatkan pertumbuhan, hanya BBNI yang pergerakan sahamnya masuk dalam kategori minus (5,05%).

Sementara, enam emiten big caps yang nilainya menyusut antara lain HMSP menyusut 9,94%, TLKM menyusut 11,49%, UNVR menyusut 10,33%, ASII menyusut 10,24%, GGRM menyusut 10,98%, dan UNTR menyusut 4,80%.

Bertoni Rio, Senior Analyst Research Division Anugerah Sekuritas Indonesia menyatakan dengan pertumbuhan kinerja 2017 yang solid, emiten perbankan masih memiliki dipercaya investor.

Sehingga mereka dinilai tidak panik untuk profit taking ditengah-tengah tren penurunan bursa saham di Indonesia. “Dalam sepekan ini, bursa tertekan dengan sentimen eksternal maupun pelemahan rupiah terhadap dollar AS,” katanya kepada KONTAN, Kamis (15/3).

Meskipun BBNI memimpin penurunan dari empat bank besar, hal tersebut tidak semata-mata dipengaruhi oleh kinerja emiten. Namun, cenderung mengikuti pelemahan dari IHSG. Berdasar kinerja kuartal sepanjang tahun lalu saja, BBNI masih mencetak laba bersih dan masih solid. “Ini koreksi wajar,” lanjutnya.

Sedangkan pada enam emiten lain seperti HMSP, TLKM, UNVR, ASII, GGRM, dan UNTR sejak akhir tahun kemarin sahamnya masih mencetak return. Dia menilai, sentimen negatif seperti melemahnya daya beli masyarakat turut menekan saham konsumer. “Konsumen juga mengerem untuk konsumsi berlebihan. Sehingga berkurang daya serap barang yang beredar,” ujarnya.

Emiten konsumer yang tertekan tersebut, kembali ditekan oleh sentimen melemahnya nilai tukar rupiah. Selain itu, juga ada kekhawatiran akan penurunan inflasi seiring turunnya daya beli masyarakat, juga harga komoditas dalam sebulan ini masih tertekan dibandingkan dengan tahun lalu.

Sentimen itulah yang menjadi penekan sektor konsumer menjadi tertekan. Hal itu terefleksi pada kinerja UNVR, HMSP, dan GGRM yang akhirnya menggerus nilai kapitalisasi pasar emiten tersebut.

Teuku Hendry Andrean, Research Manager Shinhan Sekuritas Indonesia sepakat bila pelemahan daya beli masih menekan kinerja emiten konsumer.

Hal itulah yang membuat kapitalisasi pasar emiten konsumer menyusut. “Seperti UNVR, ini terpengaruh penurunan daya beli masyarakat. Penjualan otomotif ASII juga terasa lesu,” kata Hendry.

Hal itu bisa ditunjukkan dari penurunan Indeks Keyakinan Konsumen yang sebelumnya dirilis oleh Bank Indonesia. Oleh karena itu, adanya sentimen tersebut mengharuskan UNVR fokus pada upaya efisiensi. “Ada potensi penurunan dividen payout ratio pada UNVR,” imbuhnya.




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×