kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,71   -11,93   -1.18%
  • EMAS988.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Mengelola Dana Darurat dalam Deposito Mulai Rp1 Juta


Selasa, 17 Mei 2022 / 11:38 WIB
Mengelola Dana Darurat dalam Deposito Mulai Rp1 Juta
ILUSTRASI. Kontan - J Trust Bank Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Hidup tak selalu berjalan mulus, ada kalanya musibah menimpa di saat yang tak terduga. Inilah pentingnya menyiapkan dana darurat, yaitu dana tunai yang bisa segera dipakai menghadapi kondisi mendesak. Ada beberapa produk keuangan yang dapat digunakan untuk menyimpan dana darurat, di antaranya rekening tabungan dan deposito.

Situasi darurat dapat terjadi kapan saja, sehingga dana darurat harus bisa diambil sewaktu-waktu. Selain aman, dana yang disimpan di rekening tabungan mudah dicairkan. Namun, jika Anda menginginkan simpanan dana darurat dapat berkembang optimal sebelum digunakan, menyimpannya di deposito bisa jadi pilihan.

Umumnya, bunga deposito lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan. Bunga deposito ini bisa ditambahkan ke pokok simpanan sehingga menambah jumlah dana darurat dalam deposito. Pilihan jangka waktu deposito pun beragam, mulai dari satu bulan hingga 24 bulan. Nasabah bisa leluasa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanannya.

Baca Juga: J Trust Bank Berikan Kemudahan dan Kenyamanan kepada Nasabah

Berapa jumlah dana darurat yang harus kita siapkan? Bagi yang masih lajang, para perencana keuangan menyarankan sebesar 3—6 kali pengeluaran bulanan. Untuk yang sudah berkeluarga, jumlah dana darurat idealnya sebesar 9—12 kali pengeluaran bulanan. Sisihkan 10—20% penghasilan setiap bulan untuk memenuhi tabungan dana darurat. 

 

Penempatan dana deposito terjangkau

Jika dana darurat sudah mulai terkumpul, Anda bisa menempatkannya dalam deposito. Kini ada produk-produk deposito yang penempatan dananya terjangkau, misalnya program Deposito for New CIF dari J Trust Bank.

Nasabah baru di J Trust Bank bisa menempatkan dana deposito mulai dari Rp1 juta. Sebelumnya, tak jarang nasabah atau calon nasabah kerap terkendala membuka deposito karena persyaratan penempatan dana yang minimum Rp5 juta atau bahkan Rp10 juta. Dengan program Deposito for New CIF ini, nasabah bisa menyimpan dana lebih awal dalam deposito tanpa harus menunggu jumlah penempatan dana minimal terpenuhi.

 

Bunga deposito kompetitif

Selain penempatan dana yang terjangkau, keunggulan program Deposito for New CIF adalah bunga deposito yang kompetitif. Nasabah bisa memilih buka deposito bertenor satu bulan dengan bunga 4,50% per tahun (p.a) atau tiga bulan dengan bunga 4,75% p.a. Bunga deposito ini terhitung sangat kompetitif jika dibandingkan dengan produk deposito lain. Jadi, simpanan dana darurat tetap dapat bertumbuh dan tidak “tidur” begitu saja.

Dana yang disimpan dalam deposito hanya dapat dicairkan sesuai jangka waktunya. Namun, di sisi lain hal ini dapat membantu kita menjaga dana darurat tetap utuh dan tidak terpakai untuk keperluan lainnya. Jika nasabah harus mencairkan deposito sebelum jatuh tempo, penalti yang dikenakan pun tidak melebihi bunga yang diberikan, hanya 1—2% per tahun.

Calon nasabah yang ingin mengikuti program Deposito for New CIF ini cukup buka rekening tabungan atau giro di J Trust Bank, menyerahkan fotokopi identitas diri dan NPWP, serta menyetor penempatan dana minimum Rp1 juta. Mudah saja, bukan?

Bahkan, untuk buka rekening dan deposito, nasabah juga bisa mengajukan pendaftarannya lewat e-form di laman jtrustbank.co.id. Dengan kemudahan ini, nasabah dapat menghemat waktu dan tidak perlu antre terlalu lama saat buka rekening atau deposito di kantor cabang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Deposito for New CIF, hubungi Ask J 1500 615 atau kunjungi laman jtrustbank.co.id. Bila dana darurat sudah terkumpul dan tersimpan aman dalam deposito, kita pun akan lebih siap menghadapi situasi tak terduga dalam hidup.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×