kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Media Nusantara Citra (MNCN) optimistis iklan konvensional meningkat di semester II


Jumat, 24 Juli 2020 / 13:38 WIB
Media Nusantara Citra (MNCN) optimistis iklan konvensional meningkat di semester II
ILUSTRASI. Media Nusantara Citra (MNCN) mencatat tren permintaan untuk iklan komersial televisi sudah meningkat pada Juli 2020.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Adanya pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan mengurangi pengeluaran untuk iklan. Hal ini berimbas terhadap sektor media, termasuk PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).

Investor Relations MNCN Luthan Fadel Putra mengatakan, memang sejumlah perusahaan saat ini lebih selektif untuk belanja iklan. Namun iklan komersial televisi masih menjadi pilihan bagi banyak perusahaan. "Karena TV jangkauannya seluruh Indonesia, sedangkan yang lain tidak sebesar TV," kata Luthan kepada Kontan.co.id, Jumat (24/7).

MNCN mencatat tren permintaan untuk iklan komersial televisi sudah kembali meningkat pada Juli 2020. Fadel bilang, MNCN optimistis hal ini akan berlanjut sepanjang semester kedua 2020.

Baca Juga: Laba bersih MNC Vision Networks (IPTV) melonjak 324,56% di semester I-2020

Asal tahu saja, sekarang ini sekitar 65%-70% pendapatan MNCN merupakan perolehan dari iklan di TV. Kemudian 30%-35% dari kombinasi pendapatan digital dan konten. Perusahaan ini memang gencar memperkuat bisnis digital dalam beberapa waktu terakhir sehingga MNCN tidak sepenuhnya tergantung dengan performa iklan TV.

Tapi Luthan juga belum dapat memberikan proyeksi pendapatan hingga tutup tahun ini. Yang jelas, MNCN percaya EBITDA untuk tahun 2020 akan positif. Sepanjang kuartal pertama 2020, Media Nusantara Citra membukukan kenaikan pendapatan konsolidasi 7% menjadi Rp 2,02 triliun dan penyusutan laba bersih sebesar 43% menjadi Rp 332,7 miliar.

Sebagai upaya untuk mengerek kinerja, MNCN telah menyiapkan sejumlah strategi. "Kami akan banyak merilis program-program besar seperti talent search, acara awards, dan acara anniversary. Program seperti ini pendapatan per jamnya jauh lebih tinggi dibanding program-program lain," pungkas dia.

Baca Juga: Ramai-ramai private placement, grup MNC bisa mengantongi dana Rp 2,93 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×