kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Media Nusantara Citra (MNCN) Cetak Kinerja Mumpuni di Semester 1-2022


Senin, 05 September 2022 / 12:43 WIB
Media Nusantara Citra (MNCN) Cetak Kinerja Mumpuni di Semester 1-2022
ILUSTRASI. Media Nusantara Citra (MNCN) cetak kinerja positif di sepanjang semester I-2022


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) mencatat pendapatan sebesar Rp 5,27 triliun pada semester I-2022. Realisasi itu naik 8% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan pendapatan telah memperhitungkan pendapatan dari Piala Euro yang ditayangkan pada 2021, dimana memberikan basis yang lebih tinggi untuk tahun ini.

Adapun iklan masih menjadi sumber pendapatan utama Perseroan. Pada semester I-2022, MNCN membukukan pendapatan iklan sebesar Rp 4,76 triliun atau naik 4% secara tahunan.

Selanjutnya pendapatan dari bisnis digital tumbuh dengan pesat, meningkat signifikan sebesar 51% secara tahunan menjadi Rp 1,34 triliun di enam bulan pertama 2022.

Hal ini disebabkan oleh kinerja apik dari seluruh platform digital MNCN, seperti RCTI+ (AVOD superapp), 7 portal online, dan monetisasi berkelanjutan pada media sosial.

Sementara itu, pendapatan non-digital atau FTA MNCN pada semester 1-2022 tercatat sebesar Rp 3,42 triliun, turun 8% secara tahunan.

mnBaca Juga: Media Nusantara Citra (MNCN) Membidik Pertumbuhan Pendapatan Dobel Digit di 2022

Bisnis konten dan IP MNCN menunjukkan kinerja yang baik hingga saat ini dan dengan sukses menghasilkan peningkatan pendapatan sebesar 15% secara tahunan menjadi Rp 836 miliar di paruh pertama 2022.

MNCN juga terus memperluas distribusi dan lisensi konten dengan menghasilkan Rp 201 miliar di periode Januari-Juni 2022 dari penjualan kepada pihak ketiga.

Kehadiran Vision+, platform superapp SVOD MNCN yang baru saja ditambahkan sebagai anak perusahaan perusahaan melalui PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) pada tahun 2022 mulai membuahkan hasil, dengan pendapatan sebesar Rp 263 miliar pada kuartal II-2022, yang merepresentasikan peningkatan pendapatan sebesar 12% dibanding kuartal sebelumnya.

Pada saat yang sama, beban langsung naik 14% secara tahunan menjadi Rp 2,13 triliun. Peningkatan beban langsung disebabkan oleh peningkatan produksi konten orisinal, yang ditargetkan untuk mendorong platform Vision+ dan peningkatan output produksi konten secara keseluruhan (media tradisional dan digital).

Konten-konten orisinal ini diharapkan dapat menghasilkan pendapatan tambahan di masa mendatang karena akan ditayangkan di berbagai saluran FTA Perseroan, dan di seluruh platform distribusi, termasuk lisensi konten.

Alhasil MNCN membukukan laba bersih sebesar Rp 1,34 triliun pada semester I-2022. Jumlah itu naik 6% secara tahunan dibandingkan tahun lalu.

 

Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group mengungkapkan, meskipun mencatat pertumbuhan yang kuat pada semester awal tahun 2022, ketidakpastian dalam ekonomi global telah mengurangi pertumbuhan pendapatan pada bisnis tradisional FTA sebesar satu digit, namun tetap terbantu oleh perkembangan digital Perseroan yang kuat.

"Kami yakin dengan pertumbuhan yang lebih positif di tahun 2022 nanti, seiring dengan investasi berkelanjutan kami untuk memperdalam produksi konten dengan beberapa serial drama TV dan special show yang membuahkan hasil," paparnya dalam keterangan tertulis di keterbukaan informasi yang dikutip Kontan, Senin (5/9).

Selain itu, dengan selesainya pelunasan hutang dolar AS maka MNCN memiliki risiko yang jauh lebih rendah terhadap dampak ekonomi global yang berkelanjutan.

"Secara bersamaan, kami juga dengan sabar menunggu ekspansi regional dari layanan digital kami, dan peluncuran bisnis game baru yang akan hadir di akhir tahun 2022 yang diharapkan akan membuka jalur pendapatan baru bagi perseroan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×