kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Medco Energi (MEDC) Dapat Kucuran Pinjaman Dari Anak Usaha US$ 480,18 Juta


Rabu, 15 November 2023 / 09:37 WIB
Medco Energi (MEDC) Dapat Kucuran Pinjaman Dari Anak Usaha US$ 480,18 Juta
ILUSTRASI. Medco Energi (MEDC) dapat kucuran pinjaman dari anak Perusahaan senilai US$ 480,18 juta


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) meraih pinjaman dari anak perusahaannya, yakni Medco Energi Global Pte. Ltd

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu (15/11), emiten minyak dan gas (migas) ini melakukan pinjaman senilai US$ 480,18 juta kepada Medco Energi Global.

Sebagai gambaran, Medco Energi Global merupakan anak perusahaan yang dimiliki seluruhnya oleh MEDC secara tidak langsung melalui Medco Strait Services

Baca Juga: Harga Minyak Naik Kinerja Mendaki

Jatuh tempo pinjaman ini akan ditentukan di kemudian hari ketika MEDC menyampaikan permohonan pinjaman kepada Medco Energi Global. Namun, dalam hal MEDC tidak melakukan pembayaran pinjaman pada tanggal jatuh tempo, MEDC wajib membayar bunga cidera janji kepada Medco Energi Global.

Pinjaman ini digunakan secara eksklusif oleh MEDC untuk antara lain untuk melakukan tender, membiayai kembali atau membayar kembali utang yang ada saat ini atau mengganti fasilitasi committed yang belum ditarik.

Pada saat yang sama, Medco Energi Global melakukan pinjaman kepada anak usaha MEDC lainnya yakni Medco Maple Tree. MEDC memiliki Medco Maple Tree secara tidak langsung melalui Medco Strait Services.

 

Pinjaman ini juga bernilai US$ 480,18 juta. Nantinya pinjaman ini digunakan Medco Energi Global  untuk melakukan tender, membiayai kembali atau membayar kembali utang yang ada saat ini atau mengganti fasilitasi committed yang belum ditarik.

Baca Juga: Begini Kinerja Emiten Migas per September 2023, Mulai dari AKRA, PGAS Hingga MEDC

Manajemen menjelaskan, dana yang diberikan berdasarkan perjanjian pinjaman antara MEDC dan Medco Energi Global, serta perjanjian pinjaman Medco Energi Global – Medco Maple Tree adalah berasal dari hasil penerbitan surat utang senior (senior notes) yang diterbitkan oleh Medco Maple Tree dengan nilai sebesar US$ 500 juta, dengan tingkat bunga sebesar 8,96% yang akan jatuh tempo pada tahun 2029.

“Tujuan dari perjanjian pinjaman adalah untuk mengalirkan dana yang diterima dari Surat Utang 2029 untuk kebutuhan masing-masing Perusahaan,” tulis manajemen MEDC, Rabu (15/11).

Mengingat transaksi dilakukan dengan perusahaan terkendali dan sesama perusahaan terkendali yang laporan keuangannya dikonsolidasikan kepada MEDC, dengan demikian tidak terdapat pengaruh transaksi pinjaman ini terhadap kondisi keuangan Medco Energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×