Reporter: Annisa Aninditya Wibawa | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Meski tak sepesat tahun sebelumnya, emiten properti masih optimis untuk berkembang di 2014. Coba tengok PT Modernland Realty Tbk (MDLN) menargetkan penjualan atau marketing sales sebesar Rp 4 triliun tahun ini.
“Target kita tumbuh sekitar 30% di tahun ini,” kata Cuncun Wijaya, Sekertaris Korporasi MDLN, kepada KONTAN, Rabu, (12/2).
Dalam target tersebut, konstribusi residensial diperkirakan mencapai Rp 1,7 triliun. Kemudian, industrial yakni Rp 1,1 triliun. Terakhir, penjualan lahan residensial dari PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) tahun ini Rp 1,2 triliun.
Sekedar informasi, MDLN melakukan penjualan 150 hektare lahan di Tangerang kepada ASRI, dengan nilai Rp 2,9 triliun. Di 2013, MDLN telah mendapatkan 1 triliun. Tahun ini, MDLN memperoleh Rp 1,2 triliun dari transaksi tersebut. Lalu di 2015, MDLN akan mendapat Rp 700 miliar sisanya.
Pada 2013, MDLN membukukan marketing sales Rp 2,9 triliun. Di situ, sekitar 60% atau Rp 1,74 triliun berasal dari residensial. Sedangkan, 35% atau Rp 1,01 bersumber dari industrial. Terakhir, sisa 5% atau Rp 145 miliar bersumber dari lain-lain.
Kini, MDLN tengah melakukan ekspansi perluasan lahan di Cikande dan kawasan timur Jakarta. Di Cikande, MDLN akan menambah lahan seluas 600 hektar. Kemudian di timur Jakarta, MDLN akan menambah 300 hektar. Untuk 2 lokasi tersebut, MDLN melakukan investasi Rp 1,3 triliun yang merupakan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) MDLN tahun ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News