kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fitch: Transaksi tanah MDLN ke Aeon itu positif


Rabu, 27 November 2013 / 12:11 WIB
Fitch: Transaksi tanah MDLN ke Aeon itu positif
ILUSTRASI. Beli paket data Telkomsel dengan GoPay dan dapatkan cashback 30%.


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Fitch Ratings hari ini menyatakan, adanya penjualan tanah dari PT Modernland Realty Tbk (MDLN) di proyek Jakarta Garden City (JGC) ke PT Aeon Mall Indonesia akan berdampak positif bagi proyek MDLN di JCG.

Fitch menilai, bentuk dampak positif itu akan terlihat pada penjualan rumah yang dibangun MDLN di JGC. “Meskipun begitu tidak berpengaruh terhadap peringkat perusahaan pengembang properti tersebut (B/Stable),” kata pernyataan Fitch yang diterima KONTAN, Rabu (27/11).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tanggal 22 November 2013 lalu MDLN telah menyelesaikan penjualan tanah seluas 8,5 hektar di JGC kepada PT Aeon Mall Indonesia, anak perusahaan Aeon Mall Co Ltd senilai US$ 45,7 juta.

Aeon berencana, akan mengembangkan tanah tersebut menjadi pusat perbelanjaan yang ke tiga di Indonesia, dengan luas sekitar 210.000 meter persegi. Pusat perbelanjaan tersebut nantinya akan menjadi daya tarik penting bagi penjualan rumah di JGC.

“Eksekusi proyek pusat perbelanjaan yang tepat waktu, sebagian dapat memitigasi concern Fitch akan risiko eksekusi proyek JGC, setelah MDLN mengakuisisi kepemilikan Keppel Land dalam proyek ini,” jelas pernyataan Fitch tersebut.

Fitch bilang, penjualan tanah ke Aeon tersebut belum masuk dalam pertimbangan rating case MDLN pada bulan July 2013 lalu. Sebab, pada saat itu belum ada perjanjian yang pasti atas penjualan tanah tersebut antara kedua belah pihak.

Jika penjualan tanah kepada Aeon diperhitungkan ke dalam proyeksi 2013, maka Fitch mengestimasi profil keuangan MDLN yang diukur dengan rasio presales/gross debt berada di kisaran 30%- yang tetap akan mendukung peringkatnya saat ini.

Fitch berekspektasi MDLN akan membukukan presales di tahun 2013 sekitar Rp 2 triliun, sama dengan ekspektasi sebelumnya. Perlu diketahui, proyek MDLN terkonstentrasi di kawasan Jabodetabek yang kini fokus di proyek perumahan dan industri di Cakung dan Cikande, yang berdekatan dengan Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×