kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,35   1,71   0.18%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Naik, berikut harga uang kripto hari ini Senin (14/6) bitcoin, ethereum, degocoin dll


Senin, 14 Juni 2021 / 08:55 WIB
Naik, berikut harga uang kripto hari ini Senin (14/6) bitcoin, ethereum, degocoin dll
ILUSTRASI. Mata uang kripto. Masih tren naik, berikut harga uang kripto hari ini, bitcoin, ethereum, degocoin dll


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Investor mata uang kripto atau crypto currency seperti bitcoin, ethereum, degocoin dll bisa tersenyum manis hari ini. Harga mata uang kripto seperti bitcoin, ethereum, degocoin dll awal hari ini kembali menguat setelah sempat tertekan dalam beberapa hari terakhir.

Harga bitcoin hari ini, dikutip dari Coinmarketcap.com Senin (14/6/2021) naik 8,55 persen menjadi sekitar 38.927 dollar AS per keping atau sekitar Rp 552,76 juta (kurs Rp 14.200). Bila dibandingkan dengan harga yang sama dalam sepekan yang lalu, harga bitcoin telah menguat 8,48 persen.

Mengutip Forbes, menguatnya harga bitcoin hari ini tak terlepas dari kekuatan tweet Elon Musk. CEO Tesla tersebut membalas sebuah artikel yang mengritisi Musk sebagai faktor naik turunnya harga bitcoin dalam setahun terakhir.

CEO Sygnia Magda Wieryzcka dalam artikel oleh cointelegraph.com menyatakan, yang terjadi pada harga bitcoin saat ini adalah hasil manipulasi dari sosok dengan pengaruh kuat. "Ini tidak akurat. Tesla hanya menjual sekitar 10 persen (dari yang dimiliki) untuk mengonfirmasi BTC bisa dilikuidasi dengan mudah tanpa menggerakkan pasar," tulis Musk dalam tweetnya.

Untuk diketahui, pada Februari lalu, Tesla baru saja menyatakan telah membeli bitcoin, aset kripto dengan kapitalisasi terbesar di dunia tersebut dengan nilai setara dengan 1,5 miliar dollar AS. Perusahaan produsen listrik tersebut pun diketahui masih memiliki sebagian besar dari bitcoin tersebut pada neraca mereka.

"Bila ada konfirmasi mengenai penggunaan energi bersih yang wajar (sekitar 50 persen) dari para penambang (bitcoin) dengan tren yang positif, Tesla akan kembali mengizinkan bitcoin untuk transaksi," ujar Musk.

Baca juga: Faktor Penggerak Harga Bitcoin Diamond Dinilai Masih Lemah

Meski menguat, harga bitcoin hari ini masih terkoreksi 39,5 persen dari rekor harga tertingginya dua bulan lalu. Pada pertengahan April, bitcoin sempat menyentuh rekor harga tertinggi di kisaran 64.804 dollar AS per keping.

Penguatan harga bitcoin pun diikuti oleh aset kripto lain. Harga ethereum misalnya, menguat 4,66 persen menjadi di kisaran 2.519 dollar AS per keping atau sekitar Rp 35,73 juta. Meski demikian, harga ethereum tersebut masih lebih rendah 6,77 persen bila dibandingkan dengan waktu perdagangan yang sama sepekan yang lalu.

Di sisi lain, harga dogecoin juga menguat tipis, yakni sebesar 3,14 persen menjadi sekitar 0,3246 dollar AS per keping atau Rp 4.613,58.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×