kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makmur Berkah Amanda (AMAN) perkuat bisnis kawasan industri


Jumat, 27 Maret 2020 / 17:05 WIB
Makmur Berkah Amanda (AMAN) perkuat bisnis kawasan industri
ILUSTRASI. Kawasan pergudangan Safe n Lock yang dikembangkan?PT Makmur Berkah Amanda Tbk di Sidoarjo, Jawa Timur.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah penyebaran virus korona atau Covid-19, PT Makmur Berkah Amanda Tbk tetap berupaya mengoptimalkan kinerja pada tahun 2020. Sekarang ini, emiten berkode saham AMAN tersebut tengah memperkuat bisnis segmen kawasan industri.

Direktur Utama PT Makmur Berkah Amanda Tbk Adi Saputra Tedjasurya mengatakan, belum tanda-tanda perlambatan kinerja dari segmen kawasan industri terutama pada bisnis sewa gudang. “Kami belum melihat dampak yang signifikan untuk bisnis di kawasan industri, tapi kami tetap melihat pandemi ini berapa lama,” katanya kepada Kontan pada Jumat (20/3).

Baca Juga: Tower Bersama Infrastructure (TBIG) bukukan pendapatan Rp 4,7 triliun pada 2019

Makanya, meski ada penyebaran virus korona, AMAN percaya diri tren logistik dan kebutuhan gudang masih akan tinggi seiring dengan maraknya bisnis online yang kian berkembang. Dalam catatan Kontan, Makmur Berkah Amanda memasang target kontribusi dari sewa gudang ini bisa mencapai 35%, naik dari tahun sebelumnya 29%.

Sejauh ini, permintaan sewa masih sesuai dengan ekspektasi perusahaan yang resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (13/3). AMAN sedang mengikuti proses tender dan optimistis bakal memenangkan 80% di antaranya. Teranyar, perusahaan ini juga tengah dalam proses tender tahap akhir untuk penyewaan sekitar 10.000 meter persegi.

Apabila Makmur Berkah Amanda memenangkan tender tersebut, berarti total sewa yang bisa dikantongi AMAN mencapai 16.000 meter persegi. Adapun setiap tahun kawasan industri yang terletak di Sidoarjo itu menargetkan bisa menyewakan hingga 20.000 meter persegi.

Sampai dengan Maret, AMAN sudah mengamankan sewa hingga 7.000 meter. Secara total kawasan industri AMAN seluas 230,55 hektare dan 147,25 hektare sudah memperoleh Izin Usaha Kawasan Industri.

Baca Juga: Ada pembebasan impor, Sentra Food (FOOD) berharap harga bawang bombai segera turun

Pada tahun ini PT Makmur Berkah Amanda Tbk telah mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) hingga Rp 112,93 miliar. AMAN bakal mengucurkan belanja modal salah satunya untuk akuisisi lahan.

Sumber belanja modal pada tahun 2020 diperoleh dari kas internal dan dana hasil hajatan initial public offering (IPO). Asal tahu saja, perusahaan yang bergerak di pengembangan kawasan industri itu telah melepas sebanyak 585 juta saham atau setara 15,10% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Harga yang dipatok per lembar saham Rp 110. Dengan demikian, AMAN mengempit dana segar mencapai Rp 64,35 miliar.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×