kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lonjakan permintaan panaskan batubara


Sabtu, 08 September 2018 / 15:13 WIB
Lonjakan permintaan panaskan batubara
ILUSTRASI. Batubara


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga batubara tetap dalam tren bullish dalam beberapa waktu ke depan. Masih tingginya permintaan dari sejumlah negara kawasan Asia memberi sentimen positif pada komoditas ini.

Kemarin, harga batubara kontrak pengiriman Oktober di ICE Futures bertengger di US$ 114,00 per metrik ton, atau menguat tipis 0,04% ketimbang sehari sebelumnya. Adapun dalam sepekan terakhir, harga batubara telah menguat 1,56%.

Sebenarnya, sepanjang pekan ini pergerakan si hitam cenderung stagnan. Karena selalu ada di level US$ 113 per metrik ton dan menjajal posisi US$ 114 per metrik ton.

Kendati demikian, analis Asia Tradepoint Futures Deddy Yusuf Siregar mengatakan, dalam waktu dekat harga batubara berpotensi menguat dan bisa melampaui US$ 114,15 per ton yang dicapai pada 29 Agustus lalu. Sekadar catatan, angka tersebut merupakan level tertinggi batubara sejak Januari 2013.

Alasannya, permintaan batubara yang tinggi dari Filipina, Vietnam, hingga Korea Selatan, membuat harga komoditas tersebut masih berada di tren bullish. "Padahal, Korea Selatan sudah mulai membatasi penggunaan batubara, namun faktanya kebutuhan impor komoditas energi masih cukup tinggi," terang dia, Jumat (7/9).

Selain itu, katalis positif bagi pergerakan harga batubara juga berasal dari kabar adanya sejumlah tambang di China yang ditutup sebagai efek dari inspeksi lingkungan. Dengan begitu, permintaan batubara dari China berpotensi meningkat, untuk mengantisipasi ancaman berkurangnya cadangan.

Lebih lanjut, terdapat prediksi dari Fitch bahwa cadangan gas alam dunia akan mengalami defisit di periode 2020–2025. Alhasil, sejumlah perusahaan pengelola pembangkit listrik mulai kembali mengincar batubara.

Direktur Garuda Berjangka Ibrahim menilai, penguatan harga batubara juga terbantu oleh koreksi yang terjadi pada indeks dollar AS dalam dua hari terakhir.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×