kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Konsumsi produk CPO bakal naik di bulan puasa


Selasa, 04 April 2017 / 11:55 WIB
Konsumsi produk CPO bakal naik di bulan puasa

Berita Terkait

Reporter: Hasyim Ashari | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, biasanya di bulan ini konsumsi masyarakat meningkat. Tentunya ini akan meningkatkan permintaan produksi CPO global, sebab bulan puasa hingga hari raya Idul Fitri kebutuhan akan minyak goring meningkat.

“Dengan demikian, kami memprediksi bahwa konsumsi CPO global sepanjang 2017 meningkat menjadi 65,2 juta ton atau naik 7% (yoy),” ujar Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Andy Wibowo dalam riset yang diterima KONTAN, Selasa (4/4).


Mengingat melambatnya produksi CPO baik di Indonesia maupun di Malaysia, produksi CPO global tidak akan naik signifikan hanya naik 3% sepanjang 2017 menjadi 65,7 juta ton.

Produksi CPO di Indonesia akan tumbuh moderat tahun ini, sebagai pemain CPO Negara tidak ingin membanjiri pasar global dengan kelebihan pasokan CPO yang akan mengganggu harga CPO dunia.

Dia juga memaparkan produksi biodiesel Amerika Serikat akan meningkat menjadi 104.000 barel per hari dan 111.000 barel per hari di sepanjang 2017 dan 2018 dari 99.000 barel per hari pada 2016.

Hal ini disebabkan karena meningkatnya konsumsi biodiesel AS. Tercatat bahwa bahan baku dari keledai berkontribusi 48,2% dari total input bahan baku biodiesel.

“Kami meng-upgrade rekomendasi menjadi overweight untuk sektor minyak sawit mentah, karena perkiraan harga CPO dunia yang lebih tinggi,” ungkapnya.




TERBARU

Close [X]
×