kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kolaborasi Grab-Emtek bidik pelaku UMKM di kota-kota yang digitalisasinya rendah


Rabu, 04 Agustus 2021 / 17:21 WIB
Kolaborasi Grab-Emtek bidik pelaku UMKM di kota-kota yang digitalisasinya rendah
ILUSTRASI. Kolaborasi Grab-Emtek bidik pelaku UMKM di kota-kota yang digitalisasinya rendah


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kolaborasi strategis Grab Indonesia dan Emtek Group yang diumumkan pekan lalu dinilai punya dimensi luas karena akan menggabungkan kekuatan dari dua ekosistem digital. Kekuatan aplikasi Grab akan bersinergi dengan portofolio bisnis Emtek di bidang media, all-commerce, dan produksi konten. 

Apalagi, kedua perusahaan berkomitmen akan mempercepat transformasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang difokuskan pada kota-kota tier 2 dan 3 yang selama ini seolah luput dari hingar-bingar perkembangan bisnis digital. 

Selain itu, kolaborasi ini akan menyediakan layanan digital yang lebih terjangkau bagi masyarakat, bahkan di daerah yang tingkat digitalisasinya masih rendah.

Pengamat ekonomi dari Indonesia Strategic and Economic Action Institution, Ronny P. Sasmita, menilai kolaborasi strategis Grab dan Emtek akan memberi landasan kokoh dan fungsional bagi perkembangan sistem digital nasional ke depan, karena membuka peluang yang sama dan sebesar-besarnya bagi semua pelaku usaha di Indonesia.

Baca Juga: Elang Mahkota (EMTK) resmi mengalihkan seluruh kepemilikannya di Elang Medika Corpora

"Dengan kata lain, kolaborasi strategis ini tidak saja termotivasi untuk mengembangkan usaha korporasi kedua belah pihak, tapi juga secara serius ingin mengajak semua pelaku UMKM untuk ikut maju bersama, terutama di kota-kota tier 2 dan 3 yang belum menjadi fokus selama ini” ujar Ronny dalam keterangannya, Rabu (4/8).

Seperti diberitakan, kedua perusahaan akan menjajaki peluang kolaborasi di sektor logistik dan e-commerce, layanan keuangan, telemedicine, periklanan, dan media digital. Elang Mahkota Teknologi telah menginvestasikan US$ 375 juta (atau sekitar Rp 5,4 triliun) di PT Grab Teknologi Indonesia.

Prioritas utama kolaborasi Grab dan Emtek Group adalah memperluas digitalisasi hingga ke tingkat kabupaten. Ini adalah langkah fundamental yang penting karena meskipun 99% dari bisnis di Tanah Air adalah UMKM, namun baru sekitar 21% yang memiliki akses digital. 

Prioritas itu tercermin dalam inisiatif pertama yang akan digulirkan, yakni program akselerator yang bersifat menyeluruh untuk UMKM, dengan menawarkan solusi teknologi yang didukung Bukalapak dan Grab.

Baca Juga: Peta Persaingan Raksasa Digital Tanah Air Semakin Sengit




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×