kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Reksadana Saham dan Campuran Tergerus, Berikut Prospeknya


Kamis, 09 November 2023 / 05:45 WIB
Kinerja Reksadana Saham dan Campuran Tergerus, Berikut Prospeknya
ILUSTRASI. Reksadana.


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Reksadana saham dan reksadana campuran menunjukkan kinerja yang kurang memuaskan pada tahun ini ketimbang jenis reksadana lainnya. Berdasarkan data Infovesta per Oktober 2023, Infovesta 90 Equity Fund Index tergerus paling dalam.

Indeks yang memperlihatkan kinerja reksadana saham secara keseluruhan tersebut merosot 4,11% dibanding bulan sebelumnya dan anjlok 4,54% sejak awal tahun 2023. Kemudian, Infovesta 90 Balanced Fund Index yang memperlihatkan kinerja reksadana campuran secara keseluruhan turun 2,45% dari bulan sebelumnya dan terkoreksi 0,43% year to date (ytd). 

Investment Specialist Sucorinvest Asset Management Felisya Wijaya mengatakan, akhir-akhir ini, volatilitas pasar saham dan obligasi disebabkan oleh tekanan arus dana keluar investor asing akibat kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah Amerika Serikat alias US Treasury.

Baca Juga: Reksadana Pasar Uang Masih Catat Kinerja Positif, Ini Penopangnya

Hal ini membuat investor asing cenderung risk-off,  terutama di tengah kondisi geopolitik di Timur Tengah serta melambatnya ekonomi China. 

Dari dalam negeri, adanya kampanye Pemilu 2024 serta bantuan langsung tunai dan subsidi beras diharapkan dapat membantu daya beli masyarakat dan konsumsi rumah tangga. Hal tersebut diharapkan dapat mendorong kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Menurut Felisya, valuasi IHSG sudah relatif murah di sekitar 13,8x P/E, jauh di bawah rata-rata historikal 5 tahun yang sebesar 17,75x. Valuasi yang murah ini diharapkan dapat menarik investor asing untuk masuk ke pasar saham Indonesia. 

Selain itu, untuk pasar obligasi, investor mulai melihat adanya potensi The Fed untuk mengakhiri quantitative tightening, mengingat data ketenagakerjaan AS yang melandai per Oktober 2023.

Baca Juga: Strategi Bank Bermodal Mini Jaga Likuiditas Ketika Tren Suku Bunga Sedang Tinggi

"Mengacu kepada time horizon investasi, maka kami memandang bahwa investor dapat melakukan average down dengan harapan prospek yang lebih baik di sisa tahun 2023 dan tahun 2024," ucap Felisya saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (7/11). 

Prospek pasar saham dan obligasi Indonesia diprediksi akan membaik pada tahun 2024 seiring dengan pemangkasan suku bunga AS dan Indonesia. Potensi penguatan rupiah juga akan menarik bagi investor asing yang didukung dengan meredanya sentimen politik dalam negeri.

Felisya menyampaikan, pengelolaan reksadana campuran Sucorinvest Asset Management masih cenderung defensif menjelang transisi siklus ekonomi. Manajer investasi ini menerapkan strategi active indexing dengan fokus mengalokasikan pada saham-saham blue chip.

"Selain itu, pada obligasi kami masih akan berfokus pada tenor pendek sebagai langkah manajemen risiko terhadap duration/interest rate risk," kata Felisya. 

Senior Vice President Head of Retail Product Research & Distribution Division Henan Putihrai Asset Management (HPAM) Reza Fahmi pun melihat, prospek reksadana saham dan campuran pada 2024 akan lebih baik dari tahun ini. Hal ini didukung oleh sentimen positif Pemilu 2024.

Baca Juga: Kinerja Reksadana Saham & Campuran Tergerus, Simak Prospek dan Strategi Investasinya

Reza menjelaskan, secara historis, pasar saham dalam negeri menguat menjelang gelaran Pemilu. Contohnya, pada proses Pemilu 2004, IHSG berhasil menguat 17,7%. Lima tahun kemudian, IHSG melesat hingga 53,7% pada Pemilu 2019.

Sentimen efek pelaksanaan Pemilu di awal tahun 2024 diperkirakan sudah direspons pasar sejak memasuki semester kedua 2023. "Baru kemudian memasuki tahun Pemilu di 2024, IHSG diperkirakan kembali melanjutkan penguatan dengan potensi kinerja lebih optimistis di kisaran 10%-15%," ungkap Reza. 




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×