kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Kuartal I-2023 Terkoreksi, Lautan Luas (LTLS) Optimistis Bisa Tetap Bangkit


Selasa, 02 Mei 2023 / 10:08 WIB
Kinerja Kuartal I-2023 Terkoreksi, Lautan Luas (LTLS) Optimistis Bisa Tetap Bangkit
ILUSTRASI. Kinerja Kuartal I-2023 Terkoreksi, Lautan Luas (LTLS) Optimistis Bisa Tetap Bangkit


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Lautan Luas Tbk (LTLS) membukukan kinerja kurang memuaskan pada kuartal I 2023. Pendapatan dan laba bersih LTLS, masing-masing terkoreksi pada triwulan pertama tahun ini.

LTLS mencatatkan penjualan sebesar Rp 1,85 triliun. Nilai itu terkoreksi 11% secara tahunan (YoY). Dari tiga segmen bisnis utamanya, segmen distribusi menyumbang sebanyak 44,6% dari penjualan, manufaktur menyumbang 47,3% serta segmen pendukung & jasa mencapai 8%.

Investor Relation LTLS, Eurike Hadijaya, menjelaskan, perseroan akan meneruskan strategi pertumbuhan kinerja berkelanjutan yang telah dicanangkan di 2023. Emiten distribusi bahan kimia ini juga secara konsisten terus mengakselerasi kinerja untuk mencapai target tahun 2023.

Baca Juga: Kinerja Membaik, Pefindo Kerek Rating dan Outlook Lautan Luas (LTLS)

“Kami akan senantiasa memperbarui teknologi, melakukan pengembangan produk dan pengembangan pasar, sehingga kami optimistis kinerja akan tetap meningkat di periode-periode berikutnya,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (2/5).

Meski demikian, Eurike bilang margin laba kotor LTLS meningkat dari sebelumnya 17,3% pada kuartal IV-2022, menjadi 18,5% pada kuartal pertama tahun ini.

Adapun LTLS menargetkan pertumbuhan pendapatan dan laba sebanyak single digit pada 2023. Hal itu seiring dengan berbagai kebijakan strategis yang sedang disiapkan perseroan.

 

Lautan Luas menyediakan bahan-bahan kimia dasar dan khusus terutama pada industri pengolahan air, makanan minuman dan perawatan pribadi & rumah. Industri sektor makanan minuman, air bersih dan personal home care tetap menjadi fokus industri LTLS ke depannya.

Hingga saat ini, LTLS telah mendistribusikan lebih dari 1.000 produk kimia, dan melayani lebih dari 2.000 pelanggan industrial di seluruh Indonesia dan kawasan Asia Pasifik. Sekitar 90% penjualan Lautan Luas adalah untuk pasar Indonesia, dengan sisanya berfokus di kawasan Asia yang masih baik pertumbuhannya.

Untuk tahun ini, perseroan akan lebih berfokus untuk melayani industri air dengan memberikan solusi yang lengkap dalam menjernihkan air dan pengolahan limbah sesuai dengan kebutuhan air yang ada.

Baca Juga: Wahai Dividend Hunter, Ini Bocoran Saham-Saham yang Tawarkan Dividen Menarik di 2023

“Dimulai dari suplai produk, mengoperasikan pusat pengolahan air baik kawasan industry maupun residential yang didukung dengan perpaduan teknologi Perseroan bersama Organo Jepang,” tambahnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×