kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.794   1,00   0,01%
  • IDX 7.469   -10,06   -0,13%
  • KOMPAS100 1.154   -0,36   -0,03%
  • LQ45 914   0,76   0,08%
  • ISSI 226   -0,75   -0,33%
  • IDX30 472   1,31   0,28%
  • IDXHIDIV20 570   2,59   0,46%
  • IDX80 132   0,18   0,14%
  • IDXV30 140   0,94   0,68%
  • IDXQ30 158   0,51   0,33%

Kinerja Avia Avian Kuartal I 2023 Ditopang Penjualan Produk Solusi Arsitektur


Jumat, 05 Mei 2023 / 05:55 WIB
Kinerja Avia Avian Kuartal I 2023 Ditopang Penjualan Produk Solusi Arsitektur


Reporter: Aurelia Felicia | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Avia Avian Tbk (AVIA) meraup pendapatan bersih Rp 1,78 triliun sepanjang kuartal I 2023. Pendapatan Avia meningkat 8,69% dari periode yang sama tahun sebelumnya yaitu Rp 1,64 triliun. 

Kenaikan pendapatan AVIA ditopang oleh segmen solusi arsitektur yang paling banyak menyumbang pendapatan senilai Rp 1,49 triliun sampai akhir Maret 2023. Peningkatan ini khususnya ditopang oleh pertumbuhan double-digit pada kategori cat dinding. Penjualan segmen ini meningkat 11,18% dari Rp 1,34 triliun pada kuartal I 2022.  

Berdasarkan siaran pers yang dirilis Kamis (4/5), Avia produk solusi arsitektur yang berkontribusi sekitar 84% terhadap penjualan AVIA. Sedangkan 16% sisanya berasal dari segmen barang dagangan, di antaranya pipa PVC, produk pendukung, dan perabotan rumah tangga.

AVIA mencatatkan margin laba kotor sebesar 45,3% atau setara dengan Rp 807 miliar. Margin laba kotor bertumbuh 4,5% dibandingkan kuartal pertama tahun lalu yang didukung oleh stabilisasi pada harga bahan baku. 

Baca Juga: Avia Avian (AVIA) Siap Tebar Dividen Jumbo Sebesar US$ 88,6 Juta

Selain itu, margin EBITDA dan laba bersih masing-masing berada pada posisi 29,1% atau setara dengan Rp 519 miliar dan 23,4% atau setara dengan Rp 417 miliar. Peningkatan margin EBITDA sebesar 1,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, didukung oleh peningkatan pada penjualan dan laba kotor, serta efisiensi biaya operasional. 

Berdasarkan laporan keuangannya, perusahaan manufaktur cat ini juga mengalami kenaikan aset sebesar 4,63% dari Rp 10,79 triliun pada 2022 menjadi Rp 11,3 triliun pada kuartal I tahun 2023.

Selain itu, AVIA juga mencatatkan peningkatan ekuitas sebesar 5,18% menjadi Rp 10,07 triliun dan liabilitas yang meningkat 0,19% menjadi Rp 1,22 triliun sampai akhir Maret 2023.

Baca Juga: Bidik Pertumbuhan Pendapatan Hingga 12%, Simak Strategi Avia Avian (AVIA)

Pertumbuhan positif pada kuartal I 2023 ini disikapi AVIA dengan terus berupaya memperluas jaringan distribusinya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Head of Investor Relations Avia Avian Andreas Timothy menyebut, AVIA menambah empat pusat distribusi milik sendiri, beserta enam pusat distribusi mini di kuartal pertama 2023. 

Sampai saat ini, jumlah seluruh pusat distribusi milik sendiri adalah di 113 lokasi, ditambah dengan distribusi pihak ketiga di 37 lokasi dan pusat distribusi mini di 10 lokasi. 

Pada kuartal pertama tahun ini, AVIA juga mencatat peningkatan pelanggan sebanyak lebih dari 400 toko dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sepanjang kuartal I 2023, sebanyak lebih dari 49.900 pelanggan dari total lebih dari 56.000 toko bahan bangunan telah melakukan transaksi pembelian. 

Baca Juga: Tambah Kapasitas Produksi Cat, Avia Avian (AVIA) Membangun Pabrik Baru

Selain ekspansi jaringan distribusi, AVIA juga terus melakukan inovasi untuk menciptakan produk berkualitas terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Sepanjang periode kuartal pertama tahun ini, AVIA telah meluncurkan beberapa inovasi produk baru, di antaranya adalah Boyo Politur Melamin pada kategori perawatan kayu dan Avian Zinc Chromate pada kategori cat kayu & besi.

Selain itu, AVIA juga memperkenalkan produk baru pada kategori cat kapal, yakni Admiral Anti Fouling dan Admiral Thinner Serbaguna. Pada kategori cat dinding, Brilliant Eksterior dan Brilliant Interior diluncurkan di Februari. 

Selanjutnya, AVIA berfokus untuk mengambil berbagai langkah strategis, termasuk dalam melakukan ekspansi pusat distribusi, inovasi produk, serta aktivitas pemasaran guna meraih peluang dan mencapai pertumbuhan yang sustainable dalam jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×