kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kebakaran di Kanada meluas, minyak menuju US$50


Rabu, 18 Mei 2016 / 06:42 WIB
Kebakaran di Kanada meluas, minyak menuju US$50

Berita Terkait

Sumber: Antara,AFP | Editor: Yudho Winarto

NEW YORK. Harga minyak dunia didorong ke arah US$ 50 per barel pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena kebakaran hutan di wilayah pasir minyak Kanada meluas, memaksa ribuan orang lainnya mengungsi.

Pihak berwenang mengevakuasi sekitar 8.000 orang dari sekitar 20 kamp dan fasilitas di utara kota Fort McMurray di Alberta. Sekitar 100.000 penduduk dan pekerja minyak telah dievakuasi dari Fort McMurray dan sekitarnya selama dua minggu lalu.

Perusahaan minyak terbesar di Kanada, Suncor, terpaksa menutup operasi-operasinya di Fort McMurray segera setelah mereka aktif kembali.

Tim Evans dari Citi Futures mengutip hilangnya 1,2 juta barel per hari dari produksi Kanada bulan ini sebagai "faktor utama dalam pengetatan keseimbangan pasokan/permintaan secara keseluruhan."

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni naik 59 sen menjadi berakhir di US$48,31 per barel di New York Mercantile Exchange, tingkat penutupan tertinggi sejak awal Oktober.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juli, patokan global, menetap di US$49,28 per barel, naik 31 sen dari penutupan Senin.

"Menembus batas US$50 dalam beberapa hari ke depan sangat mungkin. Di paruh kedua tahun ini, minyak kemungkinan akan bertahan antara 45 dolar AS sampai 50 dolar AS per barel," kata analis minyak dan gas BMI Research Peter Lee kepada AFP.




TERBARU

Close [X]
×