kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

KARW raup US$ 26 juta dari penjualan anak usaha


Selasa, 12 Desember 2017 / 20:15 WIB
KARW raup US$ 26 juta dari penjualan anak usaha


Reporter: Riska Rahman | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT ICTSI Jasa Prima Tbk (KARW) berencana untuk melepas salah satu anak usahanya. Meski begitu, dampak penjualan ini belum akan terlihat di laporan keuangan tahun 2017 ini.

KARW berencana melepas salah satu anak usahanya yang bergerak di bidang jasa bongkar muat, PT Olah Jasa Prima (OJA). Rencananya, seluruh saham akan dibeli oleh PT Samudera Terminal Indonesia (STI).

Pada 2 November 2017 lalu, KARW dan STI telah menandatangani perjanjian pengikatan jual beli atas 100% saham OJA. Penjualan ini pun mampu membuat KARW memperoleh tambahan dana yang cukup besar. "Dari penjualan 100% saham OJA ini, kami bisa memperoleh hingga US$ 26 juta. Namun, nilai ini belum akan masuk ke laporan keuangan kami tahun ini," terang Direktur Keuangan KARW Antonio M. Andrade di Jakarta, Selasa (12/12).

Pasalnya, transaksi ini diperkirakan baru akan selesai di kuartal I-2018 mendatang sehingga hasil penjualan tersebut memberikan dampak bagi kinerja KARW tahun ini.

Adapun di tahun 2018 nanti, KARW menargetkan pertumbuhan pendapatan yang cenderung konservatif, yaitu sekitar 5% year-on-year (yoy). Besarnya beban yang harus ditanggung di tahun depan pun membuat KARW menargetkan pertumbuhan laba yang juga kecil.

"Kami menargetkan pertumbuhan laba tahun ini tak mencapai 5% lantaran beban pokok pendapatan yang akan terus meningkat di tahun 2018 nanti," ujar Antonio.

Hingga akhir tahun nanti, KARW menargetkan pendapatan sebesar US$ 7,5 juta sementara laba di angka US$ 2,59 juta. Namun, Antonio pesimistis target ini bakal tercapai di tahun ini. Sebab, hingga kuartal III-2017 pendapatan perusahaan baru mencapai US$ 5,87 juta sedangkan labanya baru mencapai angka US$ 1,74 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×