CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,20   -7,80   -0.77%
  • EMAS973.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga akan bangun 337 km tol tahun ini


Senin, 19 Maret 2018 / 21:00 WIB
Jasa Marga akan bangun 337 km tol tahun ini
ILUSTRASI. Gerbang tol Madiun - Jalan Tol Ngawi-Kertosono


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan jalan tol PT Jasa Marga Tbk (JSMR) belum berhenti. Tol sepanjang ratusan kilometer bakal dikebut pengerjaannya tahun ini.

Emiten pelat merah itu menargetkan pengembangan jalan tol tahun ini mencapai 337,12 kilometer (km). Tol Solo-Ngawi jadi yang terpanjang, mencapai 90,43 km.

Tol Ngawi-Kertosono menjdi yang terpanjang kedua, mencapai 87,02 km. Sedang tol Semarang-Solo seksi Salatiga Kartasuara menjadi yang terpanjang ketiga, yakni 32,65 km.

Butuh dana investasi setidaknya sekitar Rp 30 triliun untuk membangun jalan tol sepanjang itu.

"Sebesar 30% pendanaan berasal dari ekuitas, sisa 70% berasal dari pinjaman," ujar Sekretaris Perusahaan JSMR Mohamad Agus Setiawan kepada KONTAN, Senin (19/3).

Jadi, setidaknya ada dana sekitar Rp 9 triliun hingga Rp 10 triliun yang perlu didanai dari ekuitas. Namun, kebutuhan dana tersebut tak sepenuhnya ditanggung oleh JSMR sendiri melainkan dengan beberapa pihak yang menjadi pemegang konsensi masing-masing ruas tol.

Besarannya sesuai dengan kepemilikan saham di masing-masing konsensi. "Yang jelas, kami sebagai pemegang saham mayoritas," imbuh Agus.

Sedikit gambaran, tahun ini, JSMR butuh belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 32 triliun. Soal dana, JSMR tidak memiliki kendala.

JSMR masih memiliki kas dari pinjaman yang sudah ada. Kas dari penerbitan Komodo Bonds beberapa waktu lalu juga masih tersedia.

Agus bilang, jika masih kurang, penggalangan dana dari ekuitas juga akan dikejar. "Antara lain divestasi aset," kata Agus.

JSMR juga masih akan menjajaki jenis pendanaan lain. Sayang, manajemen belum bersedia memperinci bentuk pendanaan lain yang tengah dijajaki perusahaan saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×