kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi penghuni indeks SRI-KEHATI, ini cara Dharma Satya (DSNG) terapkan keberlanjutan


Jumat, 27 November 2020 / 10:10 WIB
Jadi penghuni indeks SRI-KEHATI, ini cara Dharma Satya (DSNG) terapkan keberlanjutan


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) menjadi penghuni baru indeks SRI-KEHATI untuk periode Desember 2020-Mei 2021. 

Dengan capaian itu, Direktur utama DSNG Andrianto Oetomo mengatakan, hal tersebut menjadi bukti komitmen perusahaan dalam menerapkan aspek keberlanjutan pada aktivitas usahanya.

“Kami bertekad untuk menerapkan kebijakan Environmental, Social, and Governance dalam cara kami berbisnis dan menjalankan proses produksi sehingga dalam menghasilkan minyak kelapa sawit sesuai dengan standar dan sertifikasi dari lembaga yang kompeten,” kata Andrianto dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id.

Seperti diketahui, Indeks SRI-KEHATI mengukur kinerja harga saham dari 25 perusahaan tercatat yang memiliki kinerja yang baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik atau disebut Sustainable and Responsible Investment (SRI). 

Baca Juga: Dharma Satya Nusantara (DSNG) investasi US$ 5 juta di Verdant Bioscience

Indeks SRI-KEHATI diluncurkan dan dikelola bersama Yayasan KEHATI.

Pada 24 November 2020 lalu, Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) melakukan rebalancing pada indeks SRI-KEHATI untuk periode Desember 2020-Mei 2021.

Dari hasil rebalancing yang dilakukan, terdapat sebanyak lima saham yang masuk  dan keluar dari anggota indeks. Di situ, DSNG menjadi salah satu dari lima saham yang masuk sebagai anggota baru Indeks SRI-KEHATI.

Menurut penjelasan Andrianto, DSNG pada beberapa tahun terakhir memang fokus menerapkan standar keberlanjutan dengan mengedepankan pengurangan limbah dan polusi sebagai bentuk implementasi dari circular economy.

Selain itu upaya DSNG dalam menerapkan aspek keberlanjutan juga tercermin dalam penggunaan energi perusahaan. Andrianto bilang, DSNG telah meminimalkan penggunaan sumber daya tidak terbarukan dan meningkatkan pemanfaatan sumber daya terbarukan. 

Salah satu contoh upaya ini di antaranya seperti mengolah limbah cair pabrik kelapa sawit (PKS)menjadi energi melalui pembangunan Bio-CNG Plant. Melalui langkah ini, DSNG dapat mengurangi penggunaan fossil fuel sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca.

Baca Juga: Dharma Satya Nusantara (DSNG) raih peringkat ke-16 dalam penerapan ESG

Selanjutnya, dari sisi sosial, DSNG mendorong dampak sosial yang positif dan peningkatan mata pencaharian masyarakat secara proaktif dan partisipatif.

“DSNG juga mendukung masuknya petani kecil ke dalam rantai pasokan minyak dan secara aktif mempromosikan kebijakan No Deforestation No Peat and No Exploitation atau NDPE kepada mereka,” pungkas Andrianto.

Selanjutnya: Rebalancing indeks SRI-KEHATI, ini lima saham yang masuk & keluar mulai Desember 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×