kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investasi Untuk Pemula di Aplikasi ReksadanaSAM Mudah dengan Fitur AutoPlan


Senin, 03 Oktober 2022 / 15:23 WIB
Investasi Untuk Pemula di Aplikasi ReksadanaSAM Mudah dengan Fitur AutoPlan
ILUSTRASI. Kontan - PT Samuel Aset Manajemen (SAM) Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Berinvestasi menjadi salah satu opsi untuk memperkuat kondisi finansial seseorang di masa depan; khususnya bagi yang masih ada di usia muda, aktif, dan produktif. Investasi sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Mengapa demikian? Dengan berinvestasi sejak dini, berarti kita sedini mungkin melindungi nilai aset dari inflasi yang menyebabkan turunnya daya beli uang yang kita miliki. Kenyataannya, walaupun sudah mengetahui manfaatnya untuk masa depan, berinvestasi tidak selalu menjadi kebiasaan setiap orang.

Padahal dengan adanya perkembangan digital dan teknologi informasi seperti saat ini, ada banyak produk investasi yang dengan mudah bisa diakses oleh siapapun yang ingin memulai berinvestasi. Salah satu produk investasi yang perlu dipertimbangkan untuk menjadi pilihan adalah reksa dana.

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang paling populer saat ini karena bisa dimulai dengan modal investasi yang relatif kecil hanya Rp100 ribu. Reksa dana juga memiliki karakteristik likuid dan fleksibel bisa ditambah sesuai kebutuhan atau dicairkan kapan saja sehingga cocok untuk semua jenis investor. Selain itu, untuk memantau perkembangan nilai investasi juga mudah, melalui aplikasi di smartphone saja.

Reksa dana dapat diartikan sebagai bentuk kumpulan dana yang dikelola oleh Manajer Investasi untuk dikonversikan ke dalam berbagai jenis produk investasi, seperti saham, obligasi, serta produk keuangan lainnya. Dengan membeli reksa dana, uang kita dikelola oleh Manajer Investasi yang memiliki izin resmi. Kita tidak perlu bertransaksi jual beli saham atau obligasi sendiri. Jadi, buat kamu yang memiliki keterbatasan waktu untuk berinvestasi langsung di saham, berinvestasi reksa dana merupakan opsi yang tepat.

Manajer Investasi merupakan lembaga profesional yang bertugas untuk mengelola dana, yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu perusahaan Manajer Investasi terkemuka di Indonesia adalah PT Samuel Aset Manajemen (SAM), yang telah 25 tahun memiliki keahlian dan pengalaman mengelola dana investor. SAM menyediakan rangkaian lengkap produk reksa dana yang dapat diakses melalui aplikasi online ReksadanaSAM, yang tersedia untuk smartphone berbasis IOS maupun Android.

Cara untuk membeli reksa dana di aplikasi ReksadanaSAM cukup mudah. Untuk kamu yang baru pertama kali berinvestasi cukup melakukan registrasi secara online dan melakukan proses Know Your Client (KYC). Dalam waktu kurang lebih 1 hari bursa, kamu akan menerima konfirmasi dan sudah bisa bertransaksi. Kemudian, pilih reksa dana yang diinginkan. Pastikan untuk mempelajari dulu performanya di Fund Fact Sheet dan membaca Prospektus, lalu tekan tombol "beli". Setelah itu, akan ada informasi mengenai tata cara pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan dengan cara virtual account atau bank transfer dengan mengunggah bukti transfer.

Aplikasi ReksadanaSAM juga menyediakan fitur SAM AutoPlan yang memudahkan investor pemula agar tidak bingung memilih produk reksa dana. Fitur ini akan memilihkan produk reksa dana yang sesuai dengan target waktu investasi dan profil risiko dari investor. Misalnya, tipe konservatif cenderung cari aman, tipe moderat yang bisa menerima risiko terukur atau tipe agresif yang ingin mendapatkan imbal hasil maksimal dengan risiko tinggi. Produk yang dipilihkan akan disesuaikan dengan kemampuan investasi masing-masing investor. Pilihan jenis reksa dananya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, apakah berbasis konvensional atau syariah.
Setelah berinvestasi, jangan lupa untuk terus memantau kinerja dari reksa dana, melalui laporan di aplikasi dan email yang dikirimkan rutin oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Ada kalanya kita harus beralih ke jenis reksa dana lain, sekiranya kebijakan, strategi maupun kinerja investasinya tidak sesuai lagi dengan tujuan investasi awal.

Jadi tunggu apalagi, mulai rutin berinvestasi reksa dana dari sekarang. Segera akses website www.reksadanasam.co.id untuk mempelajari produk-produk reksa dana yang dikelola PT Samuel Aset Manajemen. Jika membutuhkan bantuan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Customer Service di nomor Whatsapp 02128548800 atau email ke marketing@sam.co.id. SAM akan dengan senang hati membantumu untuk mewujudkan tujuan keuanganmu menuju kemakmuran secara finansial. Selamat berinvestasi!

(SGS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×