kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.429.000   20.000   1,42%
  • USD/IDR 15.405   30,00   0,19%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Intip Rekomendasi Saham Emiten Konsumer Jelang Pilkada dan Pemangkasan Suku Bunga


Senin, 26 Agustus 2024 / 06:50 WIB
Intip Rekomendasi Saham Emiten Konsumer Jelang Pilkada dan Pemangkasan Suku Bunga
ILUSTRASI. para analis memberikan rekomendasi saham emiten konsumer di semester II-2024


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kinerja emiten sektor konsumer diproyeksi tetap mengalami pertumbuhan volume penjualan di tengah tekanan daya beli masyarakat. Prospek kinerja diharapkan lebih positif di semester II-2024 yang didukung program bantuan sosial, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, serta pemangkasan suku bunga.

Analis Bahana Sekuritas Christine Natasya mencermati, di dalam negeri, kinerja emiten konsumer pada kuartal II-2024 yang kuat diatribusikan pada belanja prapemilu, serta periode Ramadan bersamaan dengan Lebaran.

Misalnya, volume penjualan PT Mayora Indah Tbk (MYOR) tumbuh 12% YoY di kuartal II-2024, dan penjualan Mi Instan domestik PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) juga meningkat sebesar 12% YoY..

Pertumbuhan pendapatan emiten Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terlihat lumayan juga berkat dukungan penjualan ke luar negeri. Penjualan internasional telah didukung oleh dolar AS yang lebih kuat dan permintaan yang pulih.

Bahana Sekuritas mencatat bahwa pendapatan luar negeri ICBP tumbuh sebesar 17,6% YoY dengan pertumbuhan volume rata-rata 9% YoY, sementara penjualan luar negeri MYOR tumbuh 24,7% YoY di kuartal II-2024.

Baca Juga: Saham-Saham Big Caps Ini Masih Terus Diborong Asing Meski IHSG Memerah

“Perusahaan FMCG mengalami pertumbuhan volume pada tahun 2024 setelah tahun 2023 yang lambat karena kenaikan harga. Ini mendukung peningkatan leverage operasi dan margin yang berkelanjutan,” ungkap Christine kepada Kontan.co.id, belum lama ini.

Di semester kedua 2024, Christine mempertahankan mayoritas Gross Profit Margin (GPM) atau margin laba kotor emiten konsumer tidak berubah karena harga komoditas masih stabil seperti gandum dan Crude Palm Oil (CPO). Meskipun memang GPM bisa terancam lebih rendah khususnya untuk MYOR karena harga kakao dan kopi yang lebih tinggi.

Selain itu, perpanjangan program bantuan beras oleh pemerintah hingga Desember dan dukungan belanja terkait pemilihan daerah (pilkada) akan memberikan dukungan penyeimbang dikala potensi penghapusan harga bahan bakar bersubsidi pada kuartal keempat 2024 dapat berdampak negatif pada daya beli domestik.

Christine menilai, guna mendukung pertumbuhan volume di masa mendatang, beberapa perusahaan FMCG telah berinvestasi dalam perluasan kapasitas. Misalnya ICBP menambah kapasitas untuk mi, susu, dan makanan ringan dengan rencana belanja modal sebesar Rp3,5 triliun untuk tahun ini.

Kemudian, Cisarua Mountain Dairy (CMRY) meningkatkan kapasitas di segmen Consumer Foods karena kapasitasnya akan digunakan sepenuhnya tahun depan. Selain itu, dua pabrik baru MYOR untuk biskuit dan wafer akan dibuka pada kuartal ketiga dan kuartal keempat 2024.

“Perluasan kapasitas biasanya menimbulkan biaya overhead yang lebih tinggi pada tahun pertama. Namun kami percaya bahwa pertumbuhan pendapatan FMCG yang kuat dari tahun ke tahun akan membantu mendukung kinerja operasional,” imbuh dia.

Baca Juga: Saham-Saham yang Banyak Diborong Investor Asing di Awal Pekan Ini

Analis Mirae Asset Sekuritas Abyan Yuntoharjo menyebutkan, terdapat beberapa faktor-faktor utama yang akan menentukan prospek kinerja emiten konsumer di semester kedua 2024. Mulai dari program bansos, pilkada, transisi kepemimpinan Prabowo, potensi penerapan pajak cukai minuman manis (MBDK), PPH 12%, hingga arah suku bunga Bank Indonesia (BI).

Abyan memaparkan bahwa kinerja emiten konsumer di sisa tahun ini akan terdampak positif program bantuan sosial pemerintah, dengan fokus pada rumah tangga berpenghasilan rendah. Di mana, Pencairan bansos ini dijadwalkan dua bulan sekali pada bulan Agustus, Oktober, dan Desember 2024.

Pilkada yang berlangsung serentak di November, persiapannya diharapkan dapat dimulai pada akhir kuartal ketiga 2024. Katalis dari momentum pilkada ini dapat memberikan angin segar dalam jangka pendek, namun manfaatnya mungkin terbatas karena sebelumnya tingkat konsumsi pada pemilihan presiden (pilpres) menunjukkan ketidakpastian.

Kemudian, pelantikan presiden baru akan dilakukan pada bulan Oktober. Pelantikan ini dapat menanamkan kepercayaan di antara investor asing, sehingga berpotensi menarik masuknya kembali investasi ke Indonesia karena lingkungan ekonomi yang lebih stabil dan menjanjikan.

Namun di sisi lain, Abyan mengantisipasi, kinerja emiten konsumer dapat terdampak negatif  potensi penerapan pajak cukai minuman manis (MBDK). Penerapan cukai MBDK dapat meningkatkan implisit dalam pajak yang dikenakan pada produksi dan/atau penjualan.

Intervensi ini bertujuan untuk mencegah konsumsi minuman manis yang berlebihan, sehingga dapat merugikan margin perusahaan konsumen jika biaya tidak dibebankan kepada pelanggan. Adapun pemerintah berpeluang menerapkan cukai MBDK di tahun 2025.

“Mengingat daya beli yang lemah saat ini, kami percaya bahwa penerapannya (cukai minuman manis) perlu dipantau secara ketat,” jelas Abyan dalam riset 9 Agustus 2024.

Selain itu, Abyan menambahkan, Indonesia telah mempertimbangkan cukai gula selama bertahun-tahun untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat yang terkait dengan konsumsi gula yang tinggi dan untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

Pemerintah juga berencana menerapkan kenaikan PPN dari 11% menjadi 12% yang akan mulai berlaku pada awal tahun 2025. Kenaikan ini diperkirakan dapat meningkatkan biaya bisnis, sehingga berpotensi mengakibatkan harga yang lebih tinggi bagi konsumen untuk berbagai barang dan jasa.

Namun demikian, Abyan menuturkan bahwa dampak penuh berbagai kebijakan pemerintah tersebut diharapkan baru akan terwujud pada tahun 2025. Oleh karena itu, Mirae Asset Sekuritas mempertahankan sikap netral untuk sektor konsumer karena tidak ada katalis substansial.

 

Sentimen penurunan suku bunga BI mungkin dapat mendorong permintaan barang pokok (essential) dan barang-barang opsional (discretionary goods). Pemangkasan suku bunga bank sentral diantisipasi bakal terjadi pada paruh kedua tahun ini.

“Secara historis, suku bunga yang lebih rendah berkorelasi dengan peningkatan belanja konsumen dan lonjakan minat investor di sektor konsumen. Periode antara 2011-2013 dan 2015-2018, yang ditandai dengan siklus pemotongan suku bunga, menjadi contoh yang meyakinkan dari fenomena ini,” kata Abyan.

Mirae Asset Sekuritas mempertahankan prospek yang hati-hati pada margin sektor konsumer di paruh kedua tahun ini karena volatilitas bahan baku.

Beberapa perusahaan bahkan telah proaktif menerapkan langkah-langkah pemotongan biaya untuk mengurangi tekanan margin kotor seperti MYOR, yang mungkin menghadapi tantangan signifikan karena harga komoditas yang tidak stabil seperti kopi dan biji kakao.

Depresiasi rupiah juga dapat berdampak negatif pada sektor konsumen melalui kerugian valuta asing untuk perusahaan seperti ICBP dan INDF. Selain itu, tekanan dari peningkatan biaya impor bahan baku, karena perusahaan konsumen mungkin mendapatkan bahan baku dari luar negeri.

Abyan mengantisipasi kompresi margin emiten konsumer di semester kedua karena harga bahan baku yang tidak stabil untuk kakao dan kopi. Sementara harga gandum tetap stabil, dan bahkan diperkirakan akan turun secara signifikan tahun ini.

Baca Juga: Begini Strategi Mayora Indah (MYOR) Menghadapi Kenaikan Harga Kakao Global

Tingkat stok yang rendah dan aktivitas pembelian yang tertunda dapat mendukung pemulihan harga komoditas. Namun, risiko tetap masih besar karena potensi gangguan dari Rusia dan kondisi cuaca buruk di wilayah produksi utama.

Sementara itu, Christine mempertahankan peringkat Overweight untuk sektor konsumer, namun khususnya lebih menyukai emiten konsumer barang pokok. Emiten dengan eskposur penjualan internasional diyakini akan terus meningkat, dan juga perusahaan FMCG dengan ekspansi yang kuat di Indonesia.

Adapun risiko negatif yang perlu diwaspadai emiten perusahaan barang kebutuhan pokok (consumer staples) di antaranya volume penjualan yang lebih rendah dari perkiraan, potensi kenaikan harga komoditas, persaingan yang ketat, dan rasio operational expenditure (opex) terhadap penjualan yang lebih tinggi.

Bahana Sekuritas memandang posisi emiten consumer staples saat ini CMRY > MYOR > ICBP > INDF > UNVR. Secara rinci, CMRY MYOR dan ICBP direkomendasikan Buy dengan target harga masing Rp 6.300, Rp 13.300, Rp 3.300.

Sedangkan INDF dan UNVR direkomendasikan Hold dengan target harga masing-masing Rp 7.150 dan Rp 3.600.

Mirae Asset Sekuritas merekomendasikan Trading Buy untuk INDF dan ICBP dengan target harga masing-masing Rp 7.000 dan Rp 13.300 per saham. MYOR direkomendasikan Buy dengan target sebesar Rp 3.270 per saham. Sedangkan, UNVR dan CMRY disarankan Hold dengan target harga masing-masing Rp 2.700, Rp 5.050 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×