kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini lima saham berkapitalisasi pasar jumbo yang paling banyak dilepas asing


Minggu, 19 April 2020 / 18:13 WIB
Ini lima saham berkapitalisasi pasar jumbo yang paling banyak dilepas asing
ILUSTRASI. Seorang pria melintasi layar elektronik pergerakan saham di Jakarta, Selasa (7/4/2020).


Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Investor asing melakukan aksi jual bersih (net sell) saham pada perdagangan, Jumat (17/4). Berdasar data RTI Business, net sell yang tercatat hingga Rp 552,37 miliar.

Adapun sejak awal tahun,  investor asing sudah mencatatkan net sell mencapai Rp 14,90 triliun.

Pada perdagangan hari Jumat, saham berkapitalisasi besar yang paling banyak dilepas asing adalah PT Astra International Tbk (ASII) hingga Rp 105,2 miliar.

Baca Juga: IHSG berbalik arah dan ditutup menguat ke 5.868,578 pada sesi I perdagangan

Setelahnya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) sebesar Rp 82,4 miliar. Disusul PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) sebesar Rp 60,7 miliar, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebesar Rp 35,4 miliar, dan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) Rp 31,3 miliar.

Adapun selama sepekan terakhir, kelima saham itu juga tergolong sebagai saham yang paling banyak dilepas asing.  Asal tahu saja, investor asing  juga mencatatkan net sell hingga Rp 2,23 triliun selama seminggu terakhir.

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Chris Apriliony menjelaskan net sell investor asing dipicu oleh pandemi COVID-19 yang menyebabkan penurunan kinerja pada emiten-emiten tahun ini.

"Dilihat dari prospek perusahaannya, tahun ini diprediksi tidak sebaik tahun sebelumnya. Sehingga asing cenderung melepas saham-saham tersebut," kata Chris ketika dihubungi Kontan.co.id, Minggu (19/4).

Baca Juga: Investor membutuhkan kepastian

Akan tetapi menurutnya, hal tersebut tergolong wajar karena faktor pemberatnya dari eksternal bukan internal. Adapun untuk jangka panjang, saham-saham berkapitalisasi besar itu dinilai masih menarik. Apalagi harga-harganya sudah terkoreksi cukup dalam.

Sejak awal tahun, kelima emiten itu sudah mengalami penurunan harga saham. Berdasar penelusuran Kontan.co.id, saham SMGR yang terkoreksi paling dalam hingga 46,04% secara year to date (ytd).




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×