kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini kunci Elnusa (ELSA) capai pendapatan Rp 7,7 triliun di 2020


Selasa, 02 Maret 2021 / 16:14 WIB
Ini kunci Elnusa (ELSA) capai pendapatan Rp 7,7 triliun di 2020
ILUSTRASI. Elnusa Hydraulic Rig 14 produksi milik PT Elnusa Tbk


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hadapi tahun pandemi di 2020, PT Elnusa Tbk (ELSA) konsisten mampu menjaga kinerjanya melalui optimalisasi strategi diversifikasi portofolio yang dimiliki. Perusahaan nasional penyedia jasa energi tersebut masih mencatatkan kinerja positif di tengah triple shock yang membayangi sepanjang tahun.

Direktur Keuangan Elnusa Hery Setiawan menjelaskan, keberagaman portofolio jasa yang dimiliki perusahaan, dinilai mampu saling menopang satu sama lain dalam mendukung capaian konsolidasi di 2020. 

"Meskipun imbas triple shocks yaitu pandemi covid-19, fluktuasi harga minyak dunia dan pelemahan kurs rupiah tersebut cukup kuat dirasakan Perseroan, namun kami tetap mampu mencatatkan kinerja keuangan 2020 dengan baik," ungkapnya dalam ketetangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (2/3).

Sepanjang tahun 2020, ELSA membukukan pendapatan usaha konsolidasi sebesar Rp 7,7 triliun. Pendapatan usaha konsolidasi tersebut berasal dari kontribusi segmen jasa hulu migas sebanyak 53%, jasa distribusi & logistik energi sebesar 43%, dan jasa penunjang 4%.

Adapun dari sisi laba bruto konsolidasi, Elnusa mencatatkan Rp 736 miliar, dengan laba operasi Rp 431 miliar dan laba bersih sebesar Rp 249 miliar. Kontribusi laba bersih didominasi oleh segmen jasa distribusi dan logistik energi.

Untuk bisnis jasa hulu migas, segmen ini masih mampu menjaga kinerjanya di tengah ketidakpastian sektor hulu, dengan berbekal total solution services yang dimiliki. Di mana, beberapa proyek berhasil diselesaikan tanpa kendala dan sebagian masih akan berlanjut hingga awal 2021. 

Beberapa diantaranya seperti survei seismik 3D Jambi Merang, Survei Seismic 3D Tuban dan juga Survei Seismic 3D Batuk Utak. Peningkatan produktivitas Hydraulic Workover Unit (HWU) dan Electric Wireline Logging (EWL) di pada blok-blok migas nasional.

Baca Juga: Elnusa (ELSA) optimistis kinerja bisnis akan meningkat di tahun ini

Pada segmen Distribusi & Logistik Energi, jasa transportasi BBM dan trading BBM Inmar mengalami sedikit tekanan. Namun di sisi lain, unit bisnis Pengelolaan Depo serta Perdagangan Chemical mampu tumbuh dengan baik karena adanya penambahan pengelolaan Depo baru serta peningkatan penjualan Chemical dalam rangka memenuhi kebutuhan aktivitas pengeboran minyak.

Sementara itu, jasa penunjang tetap menunjukkan kinerja terbaiknya dalam jasa pendukung marine, fabrikasi peralatan migas serta warehousing dokumen storage yang berhasil tumbuh sangat signifikan.

Hery juga mengakui, capaian positif perusahaan tersebut di tahun lalu bukanlah hal yang mudah. "Hal ini menjadi bukti serta komitmen ELSA terhadap seluruh stakeholders. Di 2021, Elnusa akan terus berupaya menggenjot performa terbaik melalui strategi diversifikasi portofolio yang tetap menjadi andalan," jelasnya.

Elnusa optimistis prospek di 2021 berbekal pada strategi yang dimiliki, kompetensi yang unggul dan pengalaman yang mumpuni. dengan begitu, harapannya perusahaan tersebut mampu mendukung pemerintah dalam merealisasikan produksi minyak satu juta BOPD, penambahan kapasitas peralatan maupun aset pada lini jasa yang jelas pangsa pasarnya, penjajakan berbagai bisnis baru ke depan.

Sementara itu, di sektor distribusi dan logistik energi ELSA akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur penyimpanan BBM maupun LPG dan melakukan penambahan armada untuk pendistribusian BBM ke seluruh masyarakat khususnya di luar pulau Jawa dan tentunya memberikan capaian yang lebih baik lagi di tahun ini.

Selanjutnya: Berbekal capex Rp 600 miliar, ELSA optimistis kinerjanya meningkat di tahun ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×