kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini daftar negara dengan pajak terendah dan tertinggi atas tranksasi uang kripto


Kamis, 04 Maret 2021 / 12:28 WIB
Ini daftar negara dengan pajak terendah dan tertinggi atas tranksasi uang kripto
ILUSTRASI. Harga mata uang kripto mulai unjuk gigi. Ini daftar negara dengan pajak tertinggi dan terendah atas transaksi mata uang kripto. Bitcoin. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pamor  mata uang kripto (cryptocurrency) belum memudar. Meski kinerjanya sempat kurang taji selama sepekan, sejumlah mata uang kripto mulai unjuk gigi dengan mencoba bangkit.

Bitcoin semisal, dalam perdagangan Kamis (4/3), pukul 10.07 WIB,  harganya naik US$ 50.962,9  per btc, naik 4,91% selama 24 jam terakhir.

Adapun ethereum pada periode dan waktu yang sama naik 3,48% menjadi US$ 1.576 per eth dalam 24 jam, setelah sepekan ambruk 3,04%. 

Gerak mata uang kripto memang tengah menjadi sorotan. Meski masih memantik pro dan kontra, namun tak sedikit perusahaan-perusahaan global mulai menjejalkan mata uang kripto menjadi salah satu portfolionya. 

Baca Juga: Citi: Bitcoin ada pada titik kritis tapi di masa depan bisa jadi mata uang pilihan

Sebut saja Tesla Inc yang telah mengumumkan membenamkan dana investasi senilai US$ 1,5 miliar dalam bentuk uang kripto di neracanya.

Gayung bersambut Master Card Inc dan  Bank of New York Mellon Corp mengumumkan, akan mempermudah nasabahnya yang menggunakan uang kripto (cryptocurrency).

Menyusul rencana itu, sejumlah negara juga sudah berancang-ancang untuk mengenakan pajak atas transaksi mata uang kripto, meski belum ada konsensus atas perlakuan perpajakan atas mata uang kripto atau cryptocurrency

Hanya beberapa negara seperti Kanada yang telah menetapkan aturan untuk pengguna kripto. Ini lantaran negara-negara di Eropa  bebas untuk memutuskan sifat perpajakan untuk Bitcoin. 

Dikutip dari berbagai sumber, inilah aturan perpajakan yang berlaku di negara-negara Eropa atas pajak Bitcoin tertinggi dan terendah.

Negara dengan pengenaan pajak kripto terendah

Belarusia

Belarusia adalah salah satu tempat terbaik jika Anda ingin menghemat pajak Bitcoin.  Presiden Belarusia di tahun 2018 menyatakan bahwa Belarusia bisa menjadi negara surga mata uang digital dengan menghapus semua pajak penghasilan pribadi atas cryptocurrency hingga 1 Januari 2023.

Dengan begitu, investor tidak perlu membayar pajak penghasilan atau PPh, Pajak Pertambahan Nilai atau PPN ketika melakukan aktivitas seperti penambangan, akuisisi, atau pembuatan mata uang kripto.

Perlakukan perpanjakan atas mata uang kripto ini istimewa karena  Belarusia menganggap Bitcoin, atau mata uang kripto apa pun, sebagai "alat pertukaran universal".

Portugal

Portugal juga menjadi surga lainnya untuk tidak membayar pajak Bitcoin. 

Meskipun undang-undang tidak terlalu jelas, investor dibebaskan dari pembayaran pajak pendapatan atau capital gain atas transaksi cryptocurrency.

Pemerintah menegaskan bahwa  PPN tidak akan berlaku untuk transaksi yang melibatkan Bitcoin.

Meski begitu, Portugal bisa mengenakan pajak jika Anda adalah pedagang profesional terkait mata uang kripto. Penilaian seorang disebut sebagai profesional atau tidak sepenuhnya di tangan otoritas. 

Namun, kriteria yang dipakai adalah volume dan frekuensi perdagangan , Kompleksitas dan jangka waktu investasi, Margin laba dan pendapatan terkait serta sumber pendapatan utama
Namun, bagi kebanyakan individu, tidak ada pajak.

Jerman

Jerman telah mengakui dan menganggap cryptocurrency sebagai uang pribadi. Dengan begitu, pemilik uang kripto harus membayar pajak capital gain sebesar 25% untuk semua keuntungan yang diperoleh dari perdagangan. 

Namun, pajak atas capital gain ini  hanya berlaku untuk keuntungan yang diperoleh dalam satu tahun setelah menerima Bitcoin Anda.

Setiap keuntungan yang dihasilkan setelah satu tahun penerimaan cryptocurrency Anda bebas pajak. Hasilnya, Jerman adalah tempat yang tepat bagi pedagang HODL untuk menyimpan semua keuntungan mereka.

Jerman juga telah memperjelas bahwa Bitcoin tidak akan menarik PPN apa pun. Jika Anda adalah penduduk UE, Anda dapat dengan mudah pindah ke Jerman untuk menikmati pajak Bitcoin dengan tarif nol.

Negara dengan pajak Bitcoin tertinggi di Eropa

Norway

Norwegia menganggap pendapatan dari perdagangan Bitcoin sebagai pendapatan bisnis properti atau pendapatan bisnis lainnya.

Dengan begitu, Anda harus membayar pajak sebagai individu untuk keuntungan yang dihasilkan dari penjualan Bitcoin. 

Adapun perlakuan perpajakan atas perdagangan mata uang kripto adalah atas capital gain yang didapat dengan tarif 25%.  Namun, jika Anda merugi, pajak  bisa dikurangi dari keuntungan Anda.

Norwegia menganggap menambang Bitcoin sebagai pendapatan dari sumber lain dan dapat dikenakan pajak. Bisnis juga harus membayar pajak pendapatan perusahaan atas pendapatan cryptocurrency mereka.

Prancis

Prancis dalam aturan perpajakan atas transaksi mata uang kripto dengan tujuan mengendalikan kasus penggelapan pajak.

Penjualan atas mata uang kripto akan dikenakan pajak penghasilan sebesar 66% pajak atas keuntungan Anda karena tidak dianggap sebagai transaksi komersial.

Baca Juga: Likuiditas tipis, Altcoin Tron baiknya untuk jangka pendek

Namun, pedagang tidak perlu membayar pajak setinggi itu. Mereka dapat membayar pajak penghasilan progresif berdasarkan keuntungan yang diperoleh. Tarif pajak perusahaan mulai dari 28% untuk TA 2021.

Prancis tidak membebankan PPN apa pun atas penjualan Bitcoin untuk saat ini. Namun, Anda harus membayar PPN saat membayar barang dalam Bitcoin.

Ini artinya, pajak harus membayar pajak Bitcoin Anda sebagai pendapatan, keuntungan modal, atau pajak kekayaan di Prancis. Mewarisi cryptocurrency juga dapat menarik pajak.

Spanyol

Spanyol sedang dalam jalur untuk menindak penghindaran pajak. Itu mengesahkan undang-undang yang mewajibkan warga untuk mengungkapkan keuntungan dari perdagangan cryptocurrency.

Perdagangan Bitcoin jangka pendek dalam setahun akan menarik pajak 24,75% dan 52% atas keuntungan Anda. 

Perdagangan jangka panjang memiliki tarif pajak yang lebih rendah antara 19% dan 23%. Persentase yang Anda bayarkan ditentukan oleh berapa banyak yang Anda hasilkan pada tahun tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×