kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,29   -0,89   -0.10%
  • EMAS961.000 0,42%
  • RD.SAHAM 0.08%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Ini alasan MAPI lepas Domino's Pizza & Burger King


Kamis, 22 Mei 2014 / 17:10 WIB
Ini alasan MAPI lepas Domino's Pizza & Burger King


Berita Terkait

Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI) berencana melepas PT Dom Pizza Indonesia (DPI) yang mengelola Domino's Pizza dan PT Sari Burger Indonesia (SBI). Lantas, apa yang menjadi dasar manajemen untuk melakukan divestasi tersebut?

Padahal dua bisnisnya itu termasuk dalam sektor konsumer yang permintaannya terus meningkat. "Ini kami lakukan supaya skala ekonomisnya lebih cepat tercapai," tandas Susiana Latif, Direktur MAPI.


MAPI bisa mencapai skala ekonomis tersebut jika manajemen telah membuka setidaknya 150 gerai Domino's dan 30-50 gerai Burger King. Saat ini, manajemen baru memiliki 60 gerai Domino's dan 47 gerai Burger King.

Untuk bisa meningkatkan jumlah gerai tersebut, MAPI tentunya membutuhkan dana yang besar. Tapi disisi lain, kemampuan MAPI untuk mencari pendanaan, khususnya lewat instrumen pinjaman mulai terbatas. "Soalnya, kami juga ingin menurunkan leverage MAPI," kata Susiana.

Sebelumnya, rasio utang terhadap ekuitas atau debt to equity ratio (DER) MAPI ada di sekitar level 1,08 kali. Namun setelah penerbitan sisa obligasi berkelanjutan Februari lalu, DER MAPI meningkat jadi 1,2 kali. Manajemen juga mengaku bahwa posisi DER perusahaannya sudah meninggi.

Oleh sebab itu, manajemen lebih memilih menjalin partner dengan mendivestasi DPI dan SBI guna mencapai akselerasi skala ekonomis. Dengan cara tersebut, investasi yang dibutuhkan untuk membuka gerai menjadi lebih ringan, apalagi pasca transaksi tersebut MAPI menjadi pemegang saham minoritas sehingga investasinya pun tidak sebesar mitra baru MAPI tersebut.

"Dengan adanya divestasi ini, selain akselerasi kami juga bisa memanfaatkan transfer teknologi dari Everstone Capital," pungkas Susiana.

Sayangnya siapa investor yang akan membeli Sari Burger Indonesia, manajemen MAPI masih tutup mulut.

Adapun aset yang dimiliki Domino's Pizza per kuartal I 2013 tercatat sebesar Rp 133,61 miliar. Sementara, aset Sari Burger Indonesia tercatat sebesar Rp 215,56 miliar.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Investment Appraisal Model & Presentation

[X]
×