kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indocement Tunggal Prakarsa (INTP) Rampungkan Akuisisi Semen Grobogan


Jumat, 01 Desember 2023 / 16:40 WIB
Indocement Tunggal Prakarsa (INTP) Rampungkan Akuisisi Semen Grobogan


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) melalui anak usahanya, yakni Dian Abadi Perkasa telah menyelesaikan pengambilalihan seluruh saham Semen Grobogan.

Penandatanganan akta Jual Beli Saham telah dilakukan pada Kamis (30/11), sehubungan dengan pengambilalihan sejumlah 345.860 saham atau 100% kepemilikan saham Semen Grobogan.

“Akuisisi ini merupakan langkah penting dalam rencana memperkuat footprint lokasi pabrik dan terminal semen sehingga Indocement mampu meningkatkan efisiensi biaya logistik dan distribusi semen serta mempertahankan pangsa pasarnya khususnya di Jawa Tengah,” terang Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya, Jumat (1/12).

Baca Juga: Indocement (INTP) dan Semen Indonesia (SMGR) Memacu Suplai Semen ke IKN

Menurut Christian, akuisisi ini merupakan langkah lanjutan yang penting untuk memperkuat posisi Indocement di Jawa Tengah setelah INTP mengambil alih operasional pabrik semen Bosowa di Maros, Sulawesi Selatan dengan perjanjian sewa-pakai aset untuk memperkuat pasokan pasar di Indonesia bagian timur.

INTP juga telah memulai unit penggilingan semen di Banyuwangi untuk memperkuat pasar di Jawa Timur dan Bali. Rentetan akuisisi ini dapat memberikan gambaran dari roadmap jangka panjang Indocement untuk menjadikan pendistribusian Semen Tiga Roda yang lebih kokoh.

Semen Grobogan merupakan pabrik semen yang berlokasi di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, yang memiliki kapasitas produksi sebesar 1,8 juta ton klinker per tahun dan 2,9 juta ton semen per tahun.

Semen Grobogan telah memulai produksi komersial pada Januari 2022 dan memiliki persediaan bahan baku lebih dari 50 tahun.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×