kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG turut terkerek program unlimited quantitative easing The Fed pekan ini


Jumat, 27 Maret 2020 / 20:28 WIB
IHSG turut terkerek program unlimited quantitative easing The Fed pekan ini
ILUSTRASI. IHSG telah menguat dalam dua hari terakhir. Kondisi ini membuat IHSG turut menguat 8,36% dalam satu pekan.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Jumat (27/3) ditutup menguat 4,76% di level 4.545,57. IHSG telah menguat dalam dua hari terakhir. Kondisi ini membuat IHSG turut menguat 8,36% dalam satu pekan.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mengatakan, pergerakan IHSG dalam satu pekan ini sebenarnya masih di persimpangan alias belum pasti akan terus menguat. Artinya, perlu dicermati lebih lanjut apakah IHSG akan kembali terkoreksi atau mampu bertahan di atas 4.250-4.500

Sementara itu, penguatan IHSG yang cukup signifikan pada Kamis (26/3) lebih didorong oleh program unlimited quantitative easing (QE) Federal Reserve serta dari dalam negeri didorong oleh sentimen positif adanya kucuran dana dari Bank Indonesia (BI) untuk membeli pembelian Surat Berharga Negara (SBN) yang dijual oleh asing.

Baca Juga: Penguatan rupiah akhir pekan ditopang paket stimulus

"Dua hari terakhir ini kami perkirakan penguatan IHSG memang terpengaruh oleh penguatan bursa global, terlebih karena kita terpotong libur tanggal 25 kemarin," jelas Herditya kepada Kontan.co.id, Jumat (27/3).

Sementara itu, beberapa kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh BEI dan OJK beberapa waktu lalu juga dinilai masih cukup efektif untuk menahan laju koreksi IHSG belakangan ini.

Sekadar pengingat saja, dalam pekan ini BEI mengeluarkan kebijakan baru atas permintaan OJK yakni mempersingkat waktu perdagangan yang tadinya tutup pukul 16.00 WIB menjadi 15.00 WIB. Kebijakan ini baru akan berlaku mulai Senin (30/3).

Baca Juga: Investor asing beli bersih dalam dua hari terakhir, bagaimana selanjutnya?

BEI dan OJK tidak menerapkan kebijakan baru dalam pekan ini. Kemudian, pada Senin (23/3) BEI hanya melakukan trading halt satu kali. Itu merupakan trading halt kelima sejak kebijakan tersebut dikeluarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×