kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG menguat dalam empat hari berturut-turut, asing masih net sell


Senin, 09 September 2019 / 19:50 WIB
IHSG menguat dalam empat hari berturut-turut, asing masih net sell
ILUSTRASI. Aktivitas kantor sekuritas


Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,27% ke level 6.326 pada penutupan perdagangan Senin (9/9) dibandingkan Jumat lalu. Ini adalah kenaikan IHSG dalam empat hari berturut-turut.Kendati IHSG berhasil menjajaki garis hijau, transaksi asing pada hari ini masih didominasi aksi jual oleh asing senilai Rp 350,67 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji melihat, pada hari ini IHSG berhasil mantap melangkah positif karena meredanya sentimen perang dagang antara AS-Tiongkok. Rencana pertemuan OPEC yang dikabarkan terjadi pada pekan ini juga menurut Nafan disikapi positif oleh para pelaku pasar. Komitmen Arab Saudi untuk membatasi produksi minyak menurut Nafan mempengaruhi penguatan harga minyak global.

Baca Juga: Koleksi indeks LQ45, Reksadana Avrist Ada Saham Blue Safir berkinerja positif

Di sisi lain Head of Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana juga melihat pergerakan positif IHSG turut dipengaruhi oleh ekspektasi akan penurunan suku bunga dan perbaikan harga komoditas. Wawan melihat harga komoditas masih akan melanjutkan penguatan.

Pada perdagangan esok hari, pergerakan IHSG masih dipengaruhi oleh sikap wait and see dari para investor yang menantikan rapat Federal Reserve pada pertengahan bulan ini. Sementara Nafan melihat pada perdagangan besok pasar harus mewaspadai sentimen data CPI Tiongkok yang turun menjadi 2,6% dari 2,8%. 

Baca Juga: Punya prospek cerah, reksadana syariah offshore dapat dikoleksi investor

Dengan beragam sentimen yang akan mempengaruhi pasar pada esok hari, Wawan memproyeksikan IHSG masih akan menguat ke level 6.290-6.350 dengan rekomendasi bagi para investor untuk mengakumulasikan saham-saham di sektor tambang, konsumer dan infrastruktur.

Sedikit berberda dengan Wawan, Nafan memproyeksikan pada perdagangan esok hari akan terjadi koreksi wajar pada IHSG dengan support berada di level 6.269,66 – 6.294,28 dan resistance di rentang 6.341,12 hingga 6.381,54. Adapun untuk saham yang layak diakumulasikan besok Nafan merekomendasikan ACES, BBRI, BSDE, ISSP, JSMR, dan WEGE dengan akumulasi beli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×