kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari Ini Cum Dividen Saham ADRO, Besok SMCB, TBLA, BUDI, Saham Apa yang Layak Beli?


Senin, 22 Mei 2023 / 07:40 WIB
Hari Ini Cum Dividen Saham ADRO, Besok SMCB, TBLA, BUDI, Saham Apa yang Layak Beli?
ILUSTRASI. Hari Ini Cum Dividen Saham ADRO, Besok SMCB, TBLA, BUDI, Saham Apa yang Layak Beli?


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Info penting untuk investor saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang gemar berburu pembayaran dividen saham. Pada pekan keempat Mei 2023 ini ada banyak jadwal pembayaran dividen saham yang memasuki cum dividen, seperti ADRO, TBLA, AMRT, DLTA dll. Lalu, dari saham pembayar dividen tersebut, mana yang paling bagus untuk dibeli?

Sejumlah emiten akan menebar dividen pada akhir bulan Mei. Setidaknya ada 20 emiten dengan jadwal cum dividen pada pekan ini.

Cum dividen adalah batas akhir transaksi saham yang memiliki hak pembayaran dividen. Dengan membeli saham sebelum cum dividen berakhir, investor tersebut akan mendapatkan pembayaran dividen saham.

Berikut jadwal cum dividen sejumlah saham pada pekan keempat Mei 2023:
22 Mei: ADRO
23 Mei: SMCB, TBLA, dan BUDI
24 Mei: TRGU, KUAS, NTBK, ISAT, SRTG, dan PTRO
25 Mei: TAPG, BFIN, TKIM, dan INKP
26 Mei: EAST, JAYA, AMRT, DLTA, MIDI, dan INTP

Baca Juga: Simak Jadwal Pembayaran Dividen Indocement (INTP) Senilai Rp 548,97 Miliar

CEO Edvisor.id Praska Putrantyo mengingatkan, investor perlu cermat jika ingin masuk ke saham-saham pembagi dividen di akhir Mei ini. Sebab, pelaku pasar sudah merespons sentimen pembagian dividen sejak musim rilis laporan keuangan.

Menurut Praska, pergerakan saham tidak hanya dipengaruhi oleh besaran yield, melainkan juga prospek kinerja emiten ke depan. Terutama dengan mengukur hasil laporan keuangan kuartal I-2023.

Saham yang sudah terpapar sentimen pembagian dividen dan kinerja kuartal I-2023 antara lain ada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), PT Petrosea Tbk (PTRO), dan PT Indosat Tbk (ISAT). Terhadap saham-saham ini, Praska menyarankan wait and see.

Pasar sudah mem-priced in jelang rilis laporan keuangan, sehingga dalam sebulan terakhir harga sahamnya cenderung menunjukkan penguatan. 

"Untuk saham-saham yang sudah naik, ini sejalan dengan kinerja keuangan emiten di kuartal I-2023," kata Praska kepada Kontan.co.id, Minggu (21/5).

Sebaliknya, ada juga saham-saham yang dalam sebulan terakhir mengalami koreksi. Di antaranya PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), dan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP), dan PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG). 

Praska menilai saham-saham pembagi dividen yang sedang mengalami koreksi ini masih menarik untuk dikoleksi. 

"Jelang cum date dividen bisa menjadi sentimen positif dalam jangka sangat pendek bagi saham-saham tersebut, terlebih jika dividend yield-nya relatif besar," ungkapnya.

Praska memandang, pembagian dividen akan menjadi sentimen positif bagi emiten yang kinerjanya melandai pada kuartal I-2023. Hanya saja, perlu dicatat bahwa di tengah volatilitas pasar, investor juga mengukur sentimen sektoral terhadap kinerja emiten.

Sehingga, potensi kenaikan harga saham menjelang cum date dividen hanya akan berlangsung dalam jangka yang sangat pendek. Dalam hal ini, Praska menilai saham ADRO, INKP dan TAPG layak sebagai pilihan buy atau trading.

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) Diramal Bisa Jaga Pertumbuhan Bisnis, Begini Rekomendasi Sahamnya

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menimpali, pembagian dividen tetap akan menjadi aksi korporasi yang menarik bagi investor. Selain mendapatkan keuntungan dari pembayaran dividen, pelaku pasar juga bisa meraup cuan dari capital gain.

"Pada saat ex-date, harga saham tersebut akan menjadi harga teoritis aksi korporasinya. Dikatakan bisa masuk atau tidak, tergantung dari sisi pergerakan harganya," kata Herditya.

Secara teknikal, Herditya melihat ada sejumlah saham yang masih menarik untuk dibeli. Meliputi saham ISAT, PTRO, INKP, dan ADRO.

Harga saham ADRO pada perdagangan Jumat 19 Mei 2023 ditutup di level 2.410 turun 130 poin atau 5,12% dibandingkan sehari sebelumnya. Sepanjang pekan lalu, harga saham ADRO terkoreksi 370 poin atau 13,31%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×