kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   4,88   0.55%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Naik Senin (1/7) Sore, Brent ke US$85,42 dan WTI ke US$81,97


Senin, 01 Juli 2024 / 16:57 WIB
Harga Minyak Naik Senin (1/7) Sore, Brent ke US$85,42 dan WTI ke US$81,97
ILUSTRASI. Pump Jacks are seen at sunrise near Bakersfield, California October 14, 2014. REUTERS/Lucy Nicholson 


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak naik pada hari Senin (1/7), didukung oleh konsumsi puncak musim panas yang diharapkan dan pemotongan produksi OPEC+.

Meskipun kenaikan dibatasi oleh peningkatan produksi dari produsen lain dan potensi volatilitas ekonomi akibat perubahan lanskap politik.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent naik 42 sen atau 0,5% menjadi US$85,42 per barel pada pukul 08:45 GMT. Sedangkan,  harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 44 sen atau 0,53% menjadi US$81,97 per barel.

Baca Juga: Harga Minyak Terangkat Prospek Kenaikan Konsumsi dan Antisipasi Badai Beryl

Kedua kontrak ini naik sekitar 6% pada bulan Juni, dengan Brent menetap di atas US$85 per barel dalam dua minggu terakhir setelah Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, memperpanjang sebagian besar pemotongan produksi minyak mereka yang mendalam hingga 2025.

Hal ini membuat analis memprediksi defisit pasokan pada kuartal ketiga karena transportasi dan permintaan untuk pendingin udara selama musim panas menghabiskan persediaan bahan bakar.

Pada hari Jumat, Badan Informasi Energi (EIA) melaporkan bahwa produksi minyak dan permintaan untuk produk utama naik ke level tertinggi empat bulan pada bulan April, mendukung harga.

"Indikator permintaan terlihat solid, terutama di pasar AS yang sangat penting, dan permintaan kilang puncak untuk minyak mentah sekarang sudah benar-benar ada dan harus bertahan hingga Agustus," tulis analis JPMorgan dalam catatan klien.

Harapan pemotongan suku bunga oleh The Fed dan meningkatnya kekhawatiran geopolitik di Eropa dan antara Israel dan Hizbullah Lebanon juga menjaga harga tetap tinggi, kata analis IG Tony Sycamore dalam sebuah catatan.

Baca Juga: Harga Minyak Diramal Terus Naik pada Senin (1/7), Cermati Pemicunya

Pedagang juga mengawasi dampak badai terhadap produksi dan konsumsi minyak dan gas di Amerika. Musim badai Atlantik dimulai dengan Badai Beryl pada hari Minggu.

"Volatilitas yang meningkat diantisipasi di pasar yang lebih luas minggu ini karena pemilihan mendominasi agenda di Eropa dan Inggris, sementara di AS kekhawatiran tentang kebugaran Presiden Biden untuk menjabat, apalagi terpilih kembali, mendominasi berita," kata analis Panmure Gordon Ashley Kelty.

Selanjutnya: Siap-Siap Harga Bawang Putih Naik Imbas Dollar Makin Kuat

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (2/7) Hujan Lebat, Provinsi Ini Waspada Bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×