kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,19   -1,32   -0.14%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Turun 2% karena Data Ekonomi AS yang Kuat Mendorong Dolar


Jumat, 19 Mei 2023 / 05:51 WIB
Harga Minyak Mentah Turun 2% karena Data Ekonomi AS yang Kuat Mendorong Dolar
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak mentah turun sekitar 2% pada hari Kamis (18/5), setelah data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang solid mendorong dolar ke level tertinggi dua bulan. Di tengah meningkatnya ekspektasi bahwa Federal Reserve AS dapat menaikkan suku bunga lagi pada bulan Juni.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent turun US$1 atau 1,2% menjadi US$75,98 per barel pada pukul 15:22. EDT. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun 85 sen, atau 1,1% menjadi $72,04.

Dolar yang lebih kuat dapat membebani permintaan minyak, membuat bahan bakar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Presiden Dallas Federal Reserve Bank Lorie Logan mengatakan, dia khawatir bahwa inflasi "terlalu tinggi" belum cukup dingin untuk memungkinkan The Fed menghentikan kampanye kenaikan suku bunga pada bulan Juni.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Melemah Kamis (18/5) Siang, Brent ke $76,67 dan WTI ke US$72,51

Suku bunga tinggi meningkatkan biaya pinjaman, yang dapat mengurangi permintaan minyak dengan memperlambat pertumbuhan ekonomi.

"Kabar baik bagi ekonomi sekarang menjadi berita buruk bagi prospek permintaan minyak mentah karena ketahanan ekonomi akan memaksa The Fed untuk mematikan ekonomi," kata Edward Moya, senior market analyst di perusahaan data dan analitik OANDA.

"Minyak menjadi perdagangan yang mudah karena akan melacak dolar dan tidak banyak hal lainnya," kata Moya.

ANZ Research mengatakan dalam sebuah catatan pada hari Kamis, kekuatan data ekonomi AS bulan April selain optimisme tentang negosiasi plafon utang telah memperkuat ekspektasi pasar akan kenaikan lebih lanjut.

Presiden Joe Biden dan pimpinan kongres AS dari Partai Republik Kevin McCarthy pada hari Rabu menggarisbawahi tekad mereka untuk mencapai kesepakatan guna menaikkan plafon utang pemerintah federal sebesar US$31,4 triliun dan menghindari gagal bayar yang membawa bencana ekonomi.

Kesepakatan utang perlu dicapai sebelum pemerintah kehabisan uang untuk membayar tagihannya, paling cepat 1 Juni.

Pedagang memperkirakan sekitar 20% kemungkinan The Fed akan menaikkan suku bunga pada pertemuan bulan Juni, sedangkan sebulan yang lalu, pedagang memperkirakan sekitar 20% kemungkinan pemotongan.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Ditutup Naik US$2 Rabu (17/5), Dipicu Optimisme Plafon Utang AS

Sementara itu, Wakil Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Luis de Guindos mengatakan, ECB harus terus menaikkan suku bunga lebih lanjut untuk mengembalikan inflasi ke target jangka menengahnya sebesar 2% meskipun sebagian besar pengetatan telah dilakukan.

Juga membebani harga minyak, saham blue-chip di China, importir minyak terbesar dunia, tergelincir setelah hasil industri dan pertumbuhan penjualan ritel negara itu melampaui perkiraan, menunjukkan pemulihan ekonomi kehilangan momentum.

Di sisi penawaran, ekspor minyak mentah Arab Saudi naik sekitar 1% menjadi 7,52 juta barel per hari (bpd) pada Maret dari bulan sebelumnya, menurut data dari Joint Organizations Data Initiative (JODI).

Kpler dan Petro Logistics, yang juga memantau pengiriman, bagaimanapun, mengatakan ekspor Saudi mungkin telah jatuh pada bulan Mei karena pemotongan produksi sukarela yang dijanjikan oleh kerajaan dan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) lainnya ditambah sekutu mereka, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+ , memegang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×