kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah turun 1% karena AS Tidak Terburu-buru Mengisi Cadangan Strategis


Jumat, 24 Maret 2023 / 05:42 WIB
Harga Minyak Mentah turun 1% karena AS Tidak Terburu-buru Mengisi Cadangan Strategis
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak menetap 1% lebih rendah pada hari Kamis (23/3). Membalikkan kenaikan pada awal setelah Menteri Energi AS Jennifer Granholm mengatakan kepada anggota parlemen bahwa mengisi ulang Cadangan Minyak Strategis (SPR) negara itu mungkin memakan waktu beberapa tahun.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent turun 78 sen atau 1% menjadi menetap di US$75,91 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun 94 sen, atau 1,3%, untuk mengakhiri sesi di US$69,96 per barel.

Komentar Granholm menimbulkan kekhawatiran tentang potensi kelebihan pasokan, terutama karena Departemen Energi berencana untuk melanjutkan pelepasan tambahan 26 juta barel sebagai bagian dari mandat kongresnya.

Benchmark minyak telah mendorong sekitar 1% lebih tinggi sebelum komentar Granholm, didukung oleh dolar yang lebih rendah dan harga bensin yang lebih tinggi.

Indeks dolar diperdagangkan pada level terendah sejak 3 Februari, sehari setelah Federal Reserve mengisyaratkan akan menghentikan kenaikan suku bunga.

Greenback yang lebih lemah membuat minyak berdenominasi dolar lebih menarik bagi pemegang mata uang asing.

Baca Juga: China Diprediksi Akan Menyumbang 40% Kebutuhan Minyak Global Pasca Pandemi

Para pembuat kebijakan Federal Reserve percaya bahwa mengalahkan inflasi mungkin memerlukan hanya satu kali kenaikan suku bunga lagi tahun ini, tetapi pelonggaran tahun depan akan berkurang dari yang diperkirakan kebanyakan orang hanya tiga bulan lalu.

Juga mendukung harga minyak mentah, bensin berjangka RBOB mencapai level tertinggi 10 hari setelah Administrasi Informasi Energi AS mengatakan stok produk turun paling banyak minggu lalu sejak September 2021.

Permintaan bensin yang lebih tinggi akan mendorong kilang untuk menggunakan lebih banyak minyak mentah untuk membuat bahan bakar, kata analis Mizuho Robert Yawger.

“Penarikan 6 juta barel dalam laporan EIA itu telah meninggalkan dampak besar di pasar karena situasi bensin terlihat agak ketat di sini,” kata Yawger.

Sentimen pendukung lainnya, Goldman Sachs mengatakan permintaan komoditas melonjak di China, importir minyak terbesar dunia, dengan permintaan minyak mencapai 16 juta barel per hari.

Bank memperkirakan Brent akan mencapai US$97 per barel pada kuartal kedua tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×