kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Stabil, Brent ke US$79,92 dan WTI ke US$74,98


Selasa, 10 Januari 2023 / 22:22 WIB
Harga Minyak Mentah Stabil, Brent ke US$79,92 dan WTI ke US$74,98
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak mentah stabil pada hari Selasa (10/1). Pasar menunggu rencana kenaikan suku bunga Federal Reserve untuk mengukur dampak terhadap ekonomi dan permintaan bahan bakar.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent untuk bulan Maret naik 27 sen atau 0,3% menjadi US$79,92 per barel pada 1453 GMT. Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 35 sen atau 0,5% menjadi US$74,98.

Dua pejabat Federal Reserve mengatakan, mereka memperkirakan tingkat kebijakan The Fed - sekarang di 4,25% hingga 4,5% - akan perlu naik secara bertahap ke 5,0-5,25% untuk mengendalikan tingkat inflasi yang lebih tinggi.

Pejabat The Fed mengatakan, data inflasi pada hari Kamis akan membantu mereka memutuskan apakah mereka dapat memperlambat laju kenaikan suku bunga pada pertemuan mendatang mereka, menjadi hanya kenaikan seperempat poin daripada kenaikan yang lebih besar yang mereka putuskan untuk sebagian besar tahun 2022.

Data hari Kamis "dapat dengan mudah mengklarifikasi arah pasar keuangan dan minyak untuk beberapa minggu mendatang", kata Tamas Varga dari pialang minyak PVM.

Baca Juga: Harga Minyak Tertekan Kekhawatiran Suku Bunga yang Lebih Tinggi

Varga menambahkan, dolar akan jatuh jika inflasi datang di bawah ekspektasi atau di bawah pengumuman bulan November.

Dolar yang lebih lemah dapat meningkatkan permintaan minyak, karena komoditas berdenominasi dolar menjadi lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell dijadwalkan untuk berbicara pada konferensi bank sentral pada 1400 GMT.

Baik WTI dan Brent naik 1% pada hari Senin setelah China, importir minyak terbesar dunia dan konsumen terbesar kedua, membuka perbatasannya selama akhir pekan untuk pertama kalinya dalam tiga tahun.

China juga mengeluarkan kuota impor minyak mentah gelombang kedua 2023, meningkatkan total tahun ini sebesar 20% dari tahun lalu.

Tetapi para analis mengatakan, kebangkitan permintaan China mungkin hanya memberikan dukungan terbatas pada harga minyak di bawah tekanan ekonomi global.

"Mengingat pemulihan konsumsi masih pada tahap yang diharapkan, harga minyak kemungkinan besar akan tetap rendah dan terikat kisaran," kata analis dari Haitong Futures.

Bank Barclays menyoroti penurunan US$15-25 per barel dari perkiraan Brent US$98 per barel untuk tahun 2023 jika "kemerosotan dalam aktivitas manufaktur global memburuk serupa dengan episode 2009-09".

Baca Juga: China Buka Perbatasan, Harga Minyak Diprediksi Menguat pada Selasa (10/1)

Secara terpisah, stok minyak mentah dan sulingan AS diperkirakan turun minggu lalu, jajak pendapat pendahuluan Reuters menunjukkan pada hari Senin.

Kelompok industri American Petroleum Institute akan merilis data persediaan minyak mentah AS pada pukul 16:30. EDT (2030 GMT) pada hari Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×