kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Dunia Turun, Ini Pemicunya


Senin, 27 Februari 2023 / 20:46 WIB
Harga Minyak Mentah Dunia Turun, Ini Pemicunya
ILUSTRASI. Harga Minyak Mentah Dunia Turun, Ini Pemicunya


Reporter: Aurelia Felicia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Setelah mendapat sanksi ekonomi atas penyerangan terhadap Ukraina, negara-negara sekutu Rusia enggan impor minyak dari negara OPEC dan Amerika Serikat. Akibatnya, stok minyak Amerika Serikat oversupply menyebabkan harga kian menurun. 

Sanksi ekonomi yang dibebankan kepada Rusia dinilai begitu kuat hingga membuat harga minyak yang dibeli Eropa hanya US$ 60 per barrel. 

Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai hal inilah yang membuat Rusia enggan menjual minyaknya ke Eropa dan Amerika dan lebih condong melakukan ekspor minyak ke Tiongkok, India, Korea Utara. 

Tindakan Tiongkok sebagai importir minyak mentah terbesar di dunia yang membeli minyak dari Rusia ini membuat permintaan minyak dari negara-negara OPEC dan AS melimpah.

Baca Juga: Perusahaan Gas Negara (PGAS) Kian Ngegas Saat Permintaan Naik

“Melimpahnya minyak ini tidak dibarengi dengan permintaan sehingga terjadilah oversupply, di sinilah harga minyak mengalami penurunan,” jelasnya pada Kontan Senin (27/2). 

Penurunan harga minyak mentah ini juga membuat negara anggota OPEC dalam pertemuan berikutnya kemungkinan besar akan membatasi produksi yang bertujuan untuk menahan penurunan harga minyak.

Di sisi lain, rilis kenaikan data inflasi terkait Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) Amerika Serikat (AS) Jumat (24/2) yang masih cukup tinggi membuat The Fed kemungkinan besar masih akan menaikkan suku bunga. 

Hal ini membuat dolar AS kembali mengalami penguatan sehingga berpengaruh terhadap pelemahan harga minyak mentah dunia. 

Baca Juga: Harga Minyak Mentah 3%, Risiko Inflasi yang Tinggi Picu Kekhawatiran Permintaan

Ibrahim mencermati proyeksi harga minyak tahun ini kemungkinan besar juga akan melandai. “Kemungkinan rangenya itu akan di level US$ 60- US$ 90 an di tahun 2023,” ujarnya. 

Ke depannya Ibrahim melihat harga minyak masih akan dipengaruhi sanksi ekonomi Rusia yang membuat Tiongkok dan India menghindari impor dari negara OPEC dan Amerika Serikat yang membuat tren harga minyak fluktuatif. 

Sementara Senin (27/2) pukul 19.40 WIB harga minyak WTI mengalami penurunan 0,26% ke harga US$ 76,12 per barrel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×