kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Turun 1%, Kekhawatiran Ekonomi Global Imbangi Permintaan China


Rabu, 22 Februari 2023 / 05:57 WIB
Harga Minyak Mentah Turun 1%, Kekhawatiran Ekonomi Global Imbangi Permintaan China
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak mentah Brent tergelincir lebih dari 1% dalam sesi yang bergejolak hari Selasa (22/2).  Dipicu kekhawatiran terus-menerus tentang pertumbuhan ekonomi global melebihi pembatasan pasokan dan mendorong investor untuk mengambil untung dari kenaikan hari sebelumnya.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent turun US$1,29 atau 1,5% menjadi US$82,78 per barel. Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk bulan Maret, yang berakhir pada hari Selasa, turun 29 sen atau 0,38% menjadi US$76,05. Kontrak bulan kedua tergelincir 10 sen atau 0,1% menjadi $76,45.

Kini fokus di pasar keuangan pada rilis risalah Federal Open Market Committee (FOMC) pada hari Rabu (22/2), setelah data terbaru meningkatkan risiko suku bunga tetap lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama.

Pergerakan harga minyak "tampaknya lebih bersifat teknis," kata Phil Flynn, analis di Price Futures Group.

"Kami tampaknya memudar pada kekhawatiran lama yang sama bahwa dolar akan menjadi kuat dan tentang situasi suku bunga."

Greenback yang lebih kuat membuat minyak berdenominasi dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Baca Juga: Di Sepanjang Tahun Ini, Harga Komoditas Energi Kompak Menurun

Pada awal sesi, pasar menguat, dengan Brent sempat berbalik positif, setelah survei aktivitas bisnis yang lebih baik dari perkiraan di Eropa dan Inggris menunjukkan prospek ekonomi Eropa yang kurang suram daripada yang ditakuti sebelumnya.

Pada hari Senin, harga minyak naik lebih dari 1% di tengah optimisme atas permintaan China yang diperkirakan para analis akan pulih tahun ini setelah pembatasan COVID-19 dihapuskan.

Kontrak WTI tidak diselesaikan pada hari Senin karena hari libur umum di Amerika Serikat, yang juga telah tertunda satu hari baik industri maupun laporan persediaan minyak mingguan resmi AS, masing-masing menjadi Rabu dan Kamis.

Stok minyak mentah AS telah tumbuh setiap minggu selama sekitar dua bulan, dan diperkirakan dalam jajak pendapat Reuters telah meningkat 1,2 juta barel minggu lalu.

Namun, tanda-tanda pasokan yang lebih ketat memberi dukungan pada harga.

Rusia berencana untuk memangkas produksi minyak mentah sebesar 500.000 barel per hari atau sekitar 5% dari produksinya pada bulan Maret, setelah Barat memberlakukan pembatasan harga minyak Rusia dan produk minyak selama invasi Ukraina.

“Pemotongan, yang diumumkan bulan ini, hanya akan berlaku untuk produksi bulan Maret untuk saat ini,” kata Wakil Perdana Menteri Alexander Novak pada hari Selasa, menurut laporan kantor berita.

Baca Juga: Pembatasan Pasokan Diprediksi Terjadi, Harga Minyak Berpotensi Naik Tahun 2023

Rusia adalah bagian dari grup OPEC+ yang terdiri dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, yang sepakat pada Oktober untuk memangkas target produksi minyak sebesar 2 juta barel per hari hingga akhir 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×