kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Jatuh Senin (13/2) Siang, Brent ke US$85,53 dan WTI ke US$78,83


Senin, 13 Februari 2023 / 15:04 WIB
Harga Minyak Mentah Jatuh Senin (13/2) Siang, Brent ke US$85,53 dan WTI ke US$78,83
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak mentah turun sekitar 1% pada hari Senin (13/2) setelah naik pada sesi sebelumnya. Investor fokus pada kekhawatiran permintaan minyak mentah jangka pendek yang berasal dari data inflasi Amerika Serikat (AS) dan pemeliharaan kilang di Asia dan AS.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent turun 86 sen atau 1% menjadi US$85,53 per barel pada 0715 GMT setelah naik 2,2% pada hari Jumat.

Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) berada di US$78,83 per barel, turun 89 sen atau 1,1% setelah naik 2,1% pada sesi sebelumnya.

"Harga minyak mentah melemah karena pedagang energi mengantisipasi prospek permintaan minyak mentah yang berpotensi melemah karena laporan inflasi dapat memaksa The Fed untuk memperketat kebijakan jauh lebih agresif," kata Edward Moya, analis senior di OANDA, mengacu pada data harga konsumen AS yang akan dirilis pada 14 Februari.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Koreksi di Pagi Ini (13/2), Simak Sentimennya

"Minggu ini bisa memberikan momen sukses atau gagal dalam seberapa buruk resesi yang terjadi di Wall Street."

Federal Reserve telah menaikkan suku bunga untuk mengendalikan inflasi, yang menimbulkan kekhawatiran bahwa langkah tersebut akan memperlambat aktivitas ekonomi dan permintaan minyak.

“Selain itu, dimulainya kembali ekspor minyak Azerbaijan pada Minggu di terminal Ceyhan Turki juga meredakan kekhawatiran pasokan,” kata analis Tina Teng di CMC Markets.

Terminal Ceyhan telah rusak akibat gempa dahsyat yang melanda Turki dan Suriah pekan lalu. Terminal Ceyhan adalah tempat penyimpanan dan pemuatan pipa yang membawa minyak dari Azerbaijan dan Irak.

Sebelumnya, harga minyak mentah naik pada hari Jumat setelah Rusia, produsen minyak terbesar ketiga di dunia, mengatakan akan memangkas produksi minyak mentah pada bulan Maret sebesar 500.000 barel per hari (bpd), atau sekitar 5% dari produksi.

Langkah Rusia ini sebagai pembalasan terhadap pemberlakuan pembatasan ekspor Barat dalam menanggapi konflik Ukraina.

Secara mingguan, kontrak Brent dan WTI naik lebih dari 8% minggu lalu, didukung oleh optimisme atas pemulihan permintaan di China, importir minyak mentah utama dunia dan konsumen minyak No.2, setelah pembatasan COVID dibatalkan pada bulan Desember.

Pemulihan permintaan minyak China membatasi ekspor bensinnya di bulan Februari meskipun penyulingnya mempertahankan pengiriman solar di atas 2 juta ton.

Baca Juga: Rusia Akan Memangkas Produksi, Ini Efek ke Harga Minyak

Stefano Grasso, seorang manajer portofolio senior di 8VantEdge di Singapura mengatakan, pemotongan 500.000 barel per hari akan membawa Rusia kembali sejalan dengan kuota OPEC+ karena Moskow saat ini mengekspor secara berlebihan.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia, kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, pada bulan Oktober sepakat untuk memangkas produksi sebesar 2 juta barel per hari, sekitar 2% dari permintaan dunia.

Harga minyak dapat melanjutkan reli mereka kembali ke US$100 per barel akhir tahun ini karena pemulihan permintaan China dan pertumbuhan pasokan yang terbatas karena kurangnya investasi, kata pejabat negara OPEC kepada Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×