kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Menetap Lebih Tinggi Meskipun Ada Kekhawatiran Omicron


Rabu, 29 Desember 2021 / 06:09 WIB
Harga Minyak Menetap Lebih Tinggi Meskipun Ada Kekhawatiran Omicron
ILUSTRASI. Kilang minyak


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - ​JAKARTA. Harga minyak menetap lebih tinggi pada hari Selasa (28/12), dengan minyak mentah Brent mengakhiri sesi di dekat US$80 per barel meskipun penyebaran cepat varian virus corona Omicron. Penguatan harga minyak didukung oleh pemadaman pasokan dan ekspektasi bahwa persediaan Amerika Serikat (AS) turun minggu lalu.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent menetap 0,43% lebih tinggi pada US$78,94 per barel. Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 0,54% ke level US$75,98 per barel.

Kedua kontrak tersebut diperdagangkan pada level tertinggi dalam sebulan, dibantu oleh penguatan di ekuitas AS.

"Pasar saham tampaknya siap untuk menyelesaikan tahun ini pada atau mendekati rekor tertinggi dengan limpahan mudah ke ruang minyak mendorong nilai minyak mentah lebih tinggi," kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates LLC di Galena, Illinois.

Baca Juga: Harga Minyak Melanjutkan Kenaikan, Tertopang Optimisme Atas Dampak Minor Omicron

"Dukungan datang juga dari gangguan produksi agregat tinggi di Ekuador, Libya dan Nigeria dan ekspektasi penurunan besar lain dalam persediaan minyak mentah AS," kata analis minyak UBS Giovanni Staunovo.

Tiga produsen minyak menyatakan force majeure bulan ini sebagai bagian dari produksi minyak mereka karena masalah pemeliharaan dan penutupan ladang minyak.

Jajak pendapat awal Reuters menunjukkan pada hari Senin bahwa persediaan minyak mentah AS kemungkinan telah turun untuk minggu kelima berturut-turut, sementara persediaan bensin terlihat sebagian besar tidak berubah minggu lalu.

Inggris tidak akan menghadapi pembatasan Covid-19 baru sebelum akhir 2021, menteri kesehatan Inggris Sajid Javid mengatakan pada hari Senin.

Pemerintah menunggu lebih banyak bukti tentang apakah layanan kesehatan dapat mengatasi tingkat infeksi yang tinggi.

Presiden AS Joe Biden, sementara itu, berjanji untuk mengurangi kekurangan tes Covid-19 karena varian Omicron mengancam akan membanjiri rumah sakit dan menghambat rencana perjalanan.

Kekurangan staf yang disebabkan oleh Omicron menyebabkan ribuan pembatalan penerbangan selama akhir pekan Natal di Amerika Serikat.

Baca Juga: Harga Emas Bertengger di Level Tertinggi Satu Bulan di Tengah Kekhawatiran Inflasi

Investor sedang menunggu pertemuan OPEC+ pada 4 Januari, di mana aliansi akan memutuskan apakah akan melanjutkan rencana peningkatan produksi 400.000 barel per hari pada Februari.

Pada pertemuan terakhirnya, OPEC+ tetap pada rencananya untuk meningkatkan produksi untuk Januari meskipun ada Omicron.

Money manager menaikkan posisi net long minyak mentah berjangka AS dan posisi opsi dalam seminggu hingga 21 Desember, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS mengatakan pada hari Senin.

Kelompok spekulan menaikkan posisi gabungan berjangka dan opsi di New York dan London sebesar 4.634 kontrak menjadi 259.093 selama periode tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×