kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Harga minyak dunia relatif stabil, dua sentimen ini jadi penentunya


Senin, 21 Oktober 2019 / 15:12 WIB
Harga minyak dunia relatif stabil, dua sentimen ini jadi penentunya
ILUSTRASI. FILE PHOTO: Drilling rigs operate at sunset in Midland, Texas, U.S., February 13, 2019. REUTERS/Nick Oxford/File Photo

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak relatif tetap stabil pada hari Senin (21/10), memulihkan sebagian penurunan karena investor mencatat tekanan ekonomi global yang dapat mempengaruhi permintaan minyak.

Mengutip Bloomberg, pukul 14.53 WIB, minyak Brent pengiriman Desember 2019 ke US$ 59,36 per barel atau turun tipis 0,10%.

Baca Juga: Dibayangi perlambatan ekonomi global, harga minyak terkoreksi tipis di awal pekan

Sedangkan, minyak West Texas Intermediate (WTI) pengiriman November 2019 ke US$ 53, 80 per barel atau menguat tipis 0,04%. 

Asal tahu, kombinasi sentimen dari tanda-tanda pasokan minyak global yang cukup dan kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi China, menekan harga lebih rendah untuk sesi kedua sebelumnya pada hari Senin.

"Turunnya harga minyak mencerminkan pandangan bearish dari permintaan energi global, karena perlambatan dalam manufaktur dan perdagangan tampaknya tidak akan berakhir dalam waktu dekat," kata Margaret Yang, analis pasar di CMC Markets.

Baca Juga: Pertamina Tambah SPBU di Daerah Terpencil premium

Rusia, produsen minyak terbesar kedua di dunia, mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya tidak memenuhi komitmen pengurangan pasokan pada bulan September karena bersiap untuk masuk musim dingin.



Video Pilihan

TERBARU

×